SBY Ungkap Anies Datang Langsung ke Cikeas Bakal Deklarasi Cawapres AHY

Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Sumber :
  • YouTube Partai Demokrat

Jakarta – Ketua Majelis Tinggi Partai DemokratSusilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengungkap Anies Baswedan pernah datang langsung ke Cikeas untuk mendeklarasikan atau mengumumkan soal cawapres bersama tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

"Di ruangan ini, tanggal 25 Agustus 2023, berarti seminggu yang lalu, pak Anies duduk di sini. Dengan didampingi tim 8. AHY memang tidak selalu hadir," kata SBY dalam konferensi pers melalui akun Youtube Partai Demokrat, Jumat, 1 September 2023.

Pada momen itu, kata SBY, Anies Baswedan mengaku telah memutuskan perihal cawapres, dan bakal mendeklarasikannya kepada publik pada awal September 2023.

Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

Kader Demokrat di Pasuruan Jatim Hapus Foto Anies Baswedan di Baliho

Photo :
  • VIVA/ Uki Rama

"Anies menyampaikan kepada saya didengar oleh semua, bahwa awal September ini, akan mendeklarasikan koalisi ini dalam kapasitasnya sebagai capres, berikut capres dan cawapres yang telah selesai diputuskan," katanya. 

Pilot Ini Daftarkan Diri Jadi Bakal Calon Bupati

Namun, SBY sangat kecewa dengan keputusan sepihak yang diambil oleh ketua umum partai Nasdem, Surya Paloh soal duet Anies Baswedan dengan ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di pemilu 2024 mendatang. 

"Namun, pada hari sekarang ini, yang kita dapatkan sesuatu yang sangat mengejutkan itu," katanya. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menyebut ketua umum partai Nasdem, Surya Paloh memaksa pihaknya untuk menerima keputusan sepihak. Adapun keputusan sepihak yang dilakukan Paloh itu terkait rencana duet Anies Baswedan berpasangan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Hari ini, kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. Demokrat “dipaksa” menerima keputusan itu (fait accompli)," kata Teuku Riefky dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Teuku Riefky mengaku mendapat informasi tersebut dari Sudirman Said yang merupakan Jubir Anies sekaligus anggota Tim 8 Koalisi Perubahan.

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili Capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh," ujar Teuku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya