SBY: Belakangan Kelihatan Harapan sebelum Kandas dan Terhempas Tiga Hari Lalu

Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Sumber :
  • YouTube Partai Demokrat

BogorKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh kader Partai Demokrat untuk tetap menenangkan hati meskipun telah dikhianati.  

Elon Musk Berencana Investasi di Indonesia, Menteri AHY Pastikan Kesiapan Tanah

Hal itu ditekankan SBY menanggapi kekecewaan kader Demokrat karena secara sepihak Partai Nasdem menginisiasi kesepakatan bakal capres Anies Baswedan berdampingan dengan bakal cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

SBY mengatakan apa yang dihadapi partainya setelah membongkar rencana duet Anies dan Cak Imin merupakan ujian dan cobaan.

AHY Deklarasikan Empat Wilayah di Provinsi Bali sebagai Kabupaten Lengkap

Bacapres Anies Baswedan dan Ketum Demokrat AHY di Bandung, Jabar.

Photo :
  • Twittter @aniesbaswedan

SBY menjelaskan bahwa awalnya banyak sekali yang dihadapi Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Namun akhir-akhir ini terlihat progres pencapresan sebelum berakhir.

Usulan Polisi di Bawah Kementerian Muncul Lagi, Pengamat: Upaya Melemahkan Polri

"Kalau saya ikuti kerja ini tidak mudah, banyak sekali hambatan dan tantangan, tetapi belakangan kelihatan progres yang memberikan harapan sebelum kandas dan terhempas tiga hari yang lalu," kata SBY saat memimpin rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat, di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 1 September 2023.

Meski begitu, SBY meminta seluruh kader untuk menenangkan hati. Ia menyebut apa yang dihadapi Demokrat saat ini bukan akhir dari perjuangan dalam menyongsong Pemilu 2024.

"Para anggota Majelis Tinggi, para kader Demokrat, di mana pun saudara berada, saya sangat mengerti perasaan emosi para kader; saya minta mari kita tenangkan hati kita, pikiran kita: ini bukan kiamat, ini bukan akhir dari perjuangan kita, bukan," katanya.

Spanduk Anies dicopot Partai Demokrat.

Photo :
  • Yandi D/VIVA.

SBY meminta para kader Demokrat memaknai masalah sekarang sebagai ujian dan cobaan. Dia lalu mengutip ayat dalam surat Al-Insyirah.

"Ini harus kita maknai sebagai ujian dan cobaan, yang harus kita hadapi dan kemudian kita atasi.  Ingat, sesudah kesulitan, di balik kesulitan, ada kemudahan, fa inna ma'al usri yusro. Betul, fa inna ma'al usri yusro."

"Kita kalau melakukan kilas balik, sering menghadapi goncangan dan krisis, alhamdulillah, kita selalu bisa mengatasinya. Saya yakin ini rencana Tuhan, dan rencana Tuhan selalu lebih indah dari rencana manusia. Insyaallah, kita akan mendapatkan yang lebih baik di masa depan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya