Cak Imin Nyebrang Koalisi dan Jadi Cawapres Anies, Zulhas: Beloknya Gak Ngasih Sein

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas)
Sumber :
  • Dokumentasi PAN

Jakarta – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) ikut komentari duet antara Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Anies Baswedan

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

"Nanti PAN ke sini, PKB ke sini, Demokrat ke sini, haknya masing-masing. Cuma kemarin tuh kita kan satu rombongan sama PKB Cak Imin, ini belok, kalau rombongan mobil bareng-bareng ini beloknya nggak ngasih sein. Ya kalau lampunya mati mbok ngasih tangan, ini belok nggak ngasih-ngasih sein," kata Zulhas dalam sambutannya di acara Peningkatan Kapasitas Politik Anggota dan Caleg PAN Kalimantan Barat, Jumat malam 1 September 2023.

Namun Zulhas yang juga Menteri Perdagangan tersebut tetap menghormati langkah Cak Imin. Ia juga mendoakan PKB sukses di pemilu 2024.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas)

Photo :
  • Dokumentasi PAN

“Ya kita hormati hak partai politik,” tambahnya

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Sebelumnya, Partai Demokrat geram menyebut bakal capres Anies Baswedan sebagai pengkhianat karena mengikuti keputusan sepihak yang dilakukan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Keputusan sepihak itu dengan memaksakan duet Anies Baswedan dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pemilu 2024. 

"Rentetan peristiwa yang terjadi merupakan bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan; pengkhianatan terhadap piagam koalisi yang disepakati oleh ketiga parpol; juga pengkhianatan terhadap apa yang disampaikan sendiri oleh capres Anies Baswedan, yang telah diberikan mandat untuk memimpin Koalisi Perubahan," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya dalam keterangan resminya, Kamis, 31 Agustus 2023. 

Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Teuku Riefky Harsya

Photo :
  • istimewa

Riefky menyampaikan pihaknya sangat sulit menerima keputusan sepihak yang dilakukan Partai Nasdem. Ia klaim seluruh partai politik yang tergabung dalam KPP sudah mencapai finalisasi dalam penentuan cawapres Anies Baswedan.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima pinangan Nasdem yang akan memasangkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) dengan Ketum PKB A Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).  

Keputusan itu diambil dalam rapat pleno DPP PKB yang digelar di kantor DPW PKB Jatim di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 1 September 2023. Rapat tersebut membahas tentang tawaran Nasdem untuk berkoalisi memajukan duet Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin)

Photo :
  • DPR RI

"Kami menerima dan akan menindaklanjuti lamaran Partai Nasdem kepada ketua umum kami, Gus Muhaimin Iskandar, untuk bersama-sama maju Pilpres 2024 bersama Saudara Anies Baswedan," kata Sekretaris Jenderal PKB, Hasanuddin Wahid, usai rapat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya