Duet Anies Baswedan-Cak Imin Resmi Maju Pilpres 2024

Deklarasi capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya
Sumber :
  • Ist

SurabayaAnies Baswedan dan ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin resmi deklarasi sebagai capres-cawapres untuk berkontestasi di pemilu 2024 mendatang. 

HNW Ungkap PKS Jakarta Usul Anies jadi Cagub Jakarta, Koalisi Perubahan Bisa Reuni

Acara deklarasi itu dilakukan di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023. Acara itu juga dihadiri oleh Ketum Partai Nasdem Surya Paloh hingga Waketum Nasem Ahmad Ali. Sementara itu, hadir pula Sekjen PKB Hasanuddin Wahid hingga Waketum PKN Jazilul Fawaid.

"InsyaAllah ketika KPU membuka pendaftaran calon presiden dan wakil presidennya, Insyaallah pasangan yang pertama mendaftar adalah pasangan yang kita miliki hari ini," ujar Surya Paloh dalam pidato politiknya.

Nasdem soal Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta: Kita Utamakan Kader

Ia berharap agar Anies Baswedan dan Cak Imin dapat mengatasi seluruh permasalahan bangsa Indonesia ke depannya. Demi memajukan bangsa ke masa depan yang lebih baik.

"Kedua pasangan ini kita harapkan akan bisa mampu mengatasi berbagai macam godaan dan cobaan bahkan ancaman kepada sistem kebangsaan kita," katanya.

Buka Sekolah Perubahan, Cak Imin Mau Tingkatkan Produktifitas Masyarakat Indonesia

Deklarasi capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Sebelumnya, dunia politik dikejutkan dengan wacana duet antara bakal calon presiden (bacapres), Anies Baswedan dipasangkan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Kabar tersebut dibocorkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya pada Kamis, 31 Agustus 2023 malam.

Jelang deklarasi pasangan Calon Presiden Anies Baswedan dengan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar di hotel Majapahit Surabaya, Sabtu, 2 September 2023, Ketua Umun Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, ziarah dan berdoa di makam ayahnya dan kakek buyutnya Kiai Haji Bisri Syansuri di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang. 

Cak Imin terlihat keluar dari rumah orang tuanya yang ada di pondok pesantren Nur Khodijah III, yayasan Mambaul Ma'arif di jalan KH Bisri Syansuri, Denanyar, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. 

Dengan menaiki mobil Alphard hitam nopol L 1111 NQ. Cak Imin beserta istrinya Rustini Murtadho sekitar pukul 09.15 WIB tiba di area kompleks pemakaman Kiai Haji Bisri Syamsuri yang ada di Ponpes Mambaul Ma'arif.

Ditemui sejumlah jurnalis Cak Imin mengatakan, ia berdoa di makam dan menemui ibunya untuk minta doa restu. Karena ia akan berangkat ke Surabaya menghadiri acara deklarasi Capres Cawapres RI. 

"Minta doa restu, karena kita mau ke Surabaya untuk bertemu teman-teman (deklarasi). Bismillah," kata Cak Imin, Sabtu, 2 September 2023.

Soal alasan memilih menggandeng Anies Baswedan sebagai Capres di Pilpres 2024 nanti. Ia mengaku alasan itu tidak bisa dibahas saat ini. Dia akan menjelaskan pilihannya diwaktu tersendiri.

"Oh itu nanti lah. Yang penting bismillah niat ingsun ngabdi kanggo bongso Negoro, dan tidak ada niat lain selain memperbaiki dan menyempurnakan, untuk meneruskan perjuangan Mbah Bisri, perjuangan poro aulia dan poro pendiri NU," ujar Cak Imin. 

Selain itu, Cak Imin mengaku sudah mendapat restu dan dukungan dari ibundanya Nyai Hj Muhasonah Iskandar.  "Ibu merestui dan mendukung, itu saja," tutur Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya