Momen Anies Baswedan, Cak Imin, dan Surya Paloh Ngobrol Asyik Jelang Deklarasi

Surya Paloh, Anies Baswedan dan Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) mendeklarasikan diri untuk maju sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. Deklarasi duet yang diusung NasDem dan PKB itu digelar di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 2 September 2023.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Didampingi istrinya, Cak Imin tiba di Hotel Majapahit sekira pukul 13.45 WIB. Ia tiba dengan mengenakan kemeja putih dibalut jaket warna biru. Tak lama kemudian, Anies Baswedan tiba di Hotel Majapahit, didampingi Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

Bersama mereka, terlihat pula beberapa elit NasDem, di antaranya Ahmad Sahroni. Mereka semua mengenakan kemeja putih dipadu celana warna gelap. Anies Baswedan, Surya Paloh, kemudian bergabung dengan Cak Imin di tempat bersantai yang disediakan, sebelum memasuki ruang acara.

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin tiba di Hotel Majapahit, Surabaya

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Ketiganya kemudian duduk di kursi yang sama dengan meja panjang. Anies duduk berhadap-hadapan dengan Cak Imin. Sementara Surya Paloh duduk di ujung meja, serupa menjadi penengah. Atau pimpinan sidang kalau itu rapat.

Cak Imin Dinilai Lawan Tangguh Khofifah Indar Pararwansa Bila Maju di Pilkada Jatim

Ketiganya mengobrol asyik. Cak Imin yang terlihat lebih banyak bicara. Sementara Anies menanggapi sesekali. Adapun Surya Paloh lebih banyak menjadi pendengar. Tawa sesekali menyela di tengah-tengah obrolan mereka. Tak jelas topik apa yang mereka obrolkan, karena terganggu riuh hadirin yang mengerubungi ketiganya.

Tak lama kemudian, ketiganya lalu masuk ke dalam ruang acara deklarasi di Balai Adika. Di sana, ruangan sudah dipenuhi kader NasDem dan PKB. Tak ada kursi yang kosong, bahkan banyak yang berdiri. Anies, Cak Imin, dan Surya Paloh lalu beranjak naik ke atas panggung.

Anies dan Cak Imin berdiri sejajar, berjarak sekutar 2 meter. Di tengah-tengah ada Surya Paloh. Semua yang hadir kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Yalal Wathan. Deklarasi lalu dibacakan. Anies-Cak Imin resmi diusung NasDem dan PKB sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, selain pimpinan partai pengusung, deklarasi tersebut juga dihadiri puluhan kiai dan ning NU. 'Sudah ada 50 kiai, 20 ning yang akan hadir, dari Situbondo, Lirboyo, bahkan ada juga dari Jateng, Brebes," tandasnya.

Kehadiran para kiai dan ning tersebut menurut Jazilul kian memantapkan keputusan PKB mengusung Anies dan Cak Imin untuk maju di Pilpres 2024 nanti. "Ini menambah keyakinan sekaligus semangat bahwa ijtihad yang diambil PKB, NasDem, dan PKS ini menjadi harapan dan perbaikan perubahan Indonesia ke depan," kata Jazilul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya