Demokrat Hengkang dari Koalisi Perubahan, Anies: Kita Hormati, Demokrasi Akan Terus Maju

Bakal capres Anies Baswedan saat deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya
Sumber :
  • tvONe

Surabaya - Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, mengaku menghormati keputusan Partai Demokrat yang keluar dari KPP. Menurutnya, itu suatu pilihan politik yang harus dihormati.

Firasat Murid SMK Depok Sebelum Kecelakaan di Ciater, Sopir Bus Ungkap Detik-detik Tragedi Maut

"Kita menghormati pilihan langkah yang dilakukan oleh Partai Demokrat. InsyaAllah demokrasi kita akan terus maju," kata Anies usai acara deklarasi Anies-Cak Imin di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 2 September 2023.

Partai Demokrat hengkang dari Koalisi Perubahan setelah NasDem meminang Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, maju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Anies. 

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

Padahal, sebelumnya koalisi ini berancang-ancang untuk mengusung Ketum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai pendamping Anies. Petinggi Demokrat murka atas keputusan NadDem itu. Bahkan, Demokrat menyebut Anies sebagai pengkhianat.

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin deklarasi di Surabaya

Photo :
  • tvOne
Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Kekecewaan mendalam juga diungkapkan oleh Ketua Majelis Tinggi DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. "Saya tidak menyangka kalau tindakannya sudah sejauh ini, melebihi batas kepatutan, moral, dan etika dalam berpolitik. Begitu kasar," ujar SBY.

Sepertinya, PKS juga menimbang-nimbang keputusan NasDem yang meminang Cak Imin sebagai bakal cawapres. Tanda-tandanya, PKS mendadak membatalkan diri untuk hadir di acara deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya. Padahal, Sekjen PKS sudah terbang ke Surabaya menjelang deklarasi.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku menyambut baik keputusan Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres. Namun, untuk Cak Imin sebagai bakal cawapres, PKS masih menunggu keputusan majelis syuro partai tersebut.

"PKS sangat menyambut baik atas bergabungnya PKB dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024," kata Syaikhu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya