Demokrat Minta Anies Baswedan Cs Ganti Nama Koalisi Perubahan

Wakil Ketua Umum Demokrat, Syarief Hasan
Sumber :
  • Lilis

Jakarta – Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, dalam waktu dekat Anies Baswedan selaku bacapres dari Partai Nasdem harus mengganti nama Koalisi Perubahan.

PPP Banten Terus Support Perjuangan di MK, Kader Diminta Solid Jelang Pilkada 2024

Pasalnya, kata Syarief, nama Koalisi Perubahan adalah murni dari pemikiran partai Demokrat.

"Idea Perubahan adalah original dari PD (Partai Demokrat) sehingga tetap menjadi tema misi PD ke depan," ujar dia kepada wartawan, Minggu 3 September 2023.

Prabowo Gaungkan Program Makan Siang Gratis, Gerindra: Mudah-mudahan Warteg Bisa Kecipratan

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan memberikan keterangan pers

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Syarief juga menjelaskan bahwa nama Koalisi Perubahan itu adalah program dari Partai Demokrat. Dia juga menyebutkan, Demokrat sudah resmi mengemukakan 14 agenda perubahan yang diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Ia meminta agar koalisi baru Anies Baswedan untuk menggunakan nama lain.

Sekjen Gerindra Ungkap Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati

"Baiknya nama lain," kata Syarief ketika ditanyakan Anies boleh atau tidak pakai nama Koalisi Perubahan.

Sebelumnya, Partai Demokrat telah mencabut dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Saat ini, Demokrat pun bebas berkomunikasi dengan siapapun jelang Pilpres 2024 nanti.

"Dengan demikian partai Demokrat setelah ini dua atau tiga ke fepan sudah bebas untuk membangun komunikasi dengan partai-partai lain dalam rangka membangun koalisi menuju pilpres tahun 2024," ujar Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng kepada wartawan di Cikeas Bogor, Jawa Barat, Jumat 1 September 2023.

Lebih jauh, komunikasi dengan sejumlah partai politik ke depannya itu akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Tentunya saja mas ketum bersama jajaran DPP yang kemudian berkomunikasi dengan pihak-pihak lain dan partai-partai sahabat lain dalam membangun koalisi tersebut," ungkapnya.

Andi juga menjelaskan bahwa saat ini Demokrat sudah tidak lagi terikat dalam piagam yang ditandatangani sejumlah ketua umum partai politik dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Dengan menyatakan keputusan tidak lagi berada pada koalisi perubahan dan persatuan dan kemudian tidak lagi mendukung saudara Anies Baswedan sebagai capres kami juga tidak lagi terikat pada piagam kesepakatan yang ditandatangani oleh ketiga ketum partai KPP," kata Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya