PKB Geram Bupati Tanah Laut Tolak Cak Imin: Anda Pelakukan Ketum Kami dengan Tidak Hormat!

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengaku geram dengan perlakuan Bupati Tanah Laut Sukamta yang menolak kehadiran Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di acara kegiatan Tilawatil Qur'an (MTQ) International di Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Selasa, 5 September 2023. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Diketahui, Cak Imin yang semula dijadwalkan membuka acara itu akhirnya batal dan bertolak pulang ke Jakarta. Sebelum menghadiri acara MTQ, Cak Imin lebih dulu bertemu Ulama Banjarbaru, Abah Guru Adam Noor Syarkawi.

Menurut Jazilul, Cak Imin diundang secara resmi oleh panitia acara dari Jam’iyatul Qurra’ wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) untuk membuka kegiatan MTQ Nasional dan Internasional 2023 di Tanah Laut. Surat undangan diterima Cak Imin pada 29 Agustus 2023. 

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

"Jadi clear bahwa Gus Muhaimin diundang selaku Wakil Ketua DPR kepada yang terhormat Bapak Drs Abdul Muhaimin Iskandar MSi," kata Jazilul Fawaid dalam perbincangan di tvOne, Selasa malam.

Waketum PKB Jazilul Fawaid dan sejumlah elite DPP PKB.

Photo :
  • istimewa
Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Menurutnya, Cak Imin sejak awal konsen dengan para pembaca dan penghafal Alquran. Cak Imin diundang dalam acara tersebut selaku pembina JQHNU. Bahkan, kata dia, Cak Imin bisa jadi lebih konsen pada urusan Alquran melebihi Bupati Tanah Laut.

"Oleh sebab itu, tuduhan bahwa akan mengotori arena MTQ menurut saya itu enggak masuk akal, itu Bupati mengerti nggak ya urusan-urusan tata kelola pemerintahan? Ngerti nggak ya urusan-urusan menyambut tamu?" ujarnya

Lebih jauh, Jazilul menyayangkan sikap Bupati Tanah Laut yang menolak kehadiran Cak Imin, bahkan tidak bersedia menerima jika Wakil Ketua DPR RI itu datang menemuinya di rumah dinas. Baginya, sikap Bupati Tanah Laut itu sangat berlebihan.

"Janganlah bersikap tidak sopan sesama pejabat negara, saya tahu Bupati punya otoritas di Tanah Laut tapi jangan memperlakukan ketua umum kami, wakil ketua DPR RI, dengan cara yang tidak terhormat. Jadi sekali lagi saya sangat menyayangkan dan menyesalkan cara Bupati Tanah Laut itu untuk menghormati tamu," tegas Jazilul

Wakil Ketua MPR RI itu menerima informasi dari ketua panitia acara bahwa Bupati Tanah Bumbu Sukamta itu diduga diintimidasi, diancam pihak tertentu untuk menolak kehadiran Cak Imin. Karena menghargai tuan rumah, Cak Imin, memilih batal menghadiri acara tersebut dan kembali ke Jakarta.

"Coba jelaskan kepada kami Bupati Tanah Laut, siapa yang mengancam Anda? Ini negara yang merdeka. Siapa yang membuat Anda gemetar? Indonesia menghargai semua perbedaan, kita negara hukum," kata Jazilul

"Bahwa jelas pak Bupati tidak mau dihadiri Gus Muhaimin. Di rumahnya saja, kata beliau, enggak mau kalau Gus Muhaimin datang ke rumahnya. Enggak mau menyambut. Bupati macam apa itu," ungkapnya ketus

Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta

Photo :
  • tvOne

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Tanah Laut, Sukamta, menolak kehadiran Cak Imin dalam acara MTQ Gema Al Quran 2023 di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Penolakan ini membuat Cak Imin hanya mampir ke lokasi sebelum acara dimulai, lalu bertolak pulang ke Jakarta. 

Cak Imin bertemu dengan wakil Bupati Tanah Laut yang berasal dari Partai Nasdem dan langsung melanjutkan perjalanannya balik ke Jakarta, sebelum acara dimulai.

"Sebenarnya Saya tidak pernah mengundang beliau, jadi kita menolak kehadiran Cak Imin di acara ini, karena dikhawatirkan bermuatan politik, sementara acara ini kan, acara Saya, tuan rumahnya saya, acara Pemerintah Tanah Laut," ujar Bupati Tanah Laut, Sukamta, saat dikonfirmasi

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Kabupaten Tanah Laut bekerjasama dengan Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU). 

Sedianya acara ini rencana dibuka pada pukul 14.00 Wita namun diundur hingga pukul 15.00 Wita sambil menunggu kedatangan Bupati Tanah Laut.

Ketua Panitia Gema Al Quran 2023, Abdul Hakim Muslim, memastikan bahwa Cak Imin datang sebagai undangan bukan pembuka acara. "Setahu kami sesuai agenda acara yang membuka Acara adalah Menteri Agama atau setidaknya Wamen (Wakil Menteri)," kata Abdul Hakim 

Abdul Hakim menyebut bahwa kedatangan Cak Imin bukan diundang oleh Panitia Pelaksana tetapi inisiatif Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) untuk mendatangkan Cak Imin sebagai Wakil Ketua DPR RI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya