Cak Imin Sempat Tanya Surya Paloh Kabar AHY yang Dipilih jadi Cawapres Anies

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin Sambangi DPP Nasdem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menceritakan, saat bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, sebelum menerima tawaran menjadi cawapres dari Anies Baswedan, ia sempat bertanya soal Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Itu dikatakan Cak Imin, dalam wawancara bersama Anies Baswedan oleh Karni Ilyas, di Youtube Karni Ilyas Club berjudul 'Pasangan Anies - Imin, Dijodohkan atau Kawin Paksa'.

Cak Imin menjelaskan bagaimana proses dari PKB, partai yang dia pimpin, memutuskan menerima tawaran Nasdem melalui Surya Paloh. Sebab, bersama Gerindra yang dibangun sejak Agustus 2022 lalu, mandek. Bersamaan, PKB sedang Rakornas.

11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut, Ada Nama Menantu Jokowi

"Saya sedikit mas Anies biar saya tidak disalahkan teman-teman Demokrat. Saya tanya kepada Bang Surya (Surya Paloh), bang katanya sudah mau sama AHY. "Ndak kita belum punya cawapres" dia (Surya Paloh) bilang begitu," kata Cak Imin, dikutip VIVA, Kamis 7 September 2023.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Dalam ajakan pertemuan itu, Cak Imin mengatakan dirinya ditanya oleh Surya Paloh maunya seperti apa untuk membangun kerja sama. Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan, dia inginnya capres.

Tapi Surya Paloh mengatakan, mereka sudah punya capres yakni Anies Baswedan. Maka ditawarkan untuk posisi cawapres. Dengan begitu, PKB ditawarkan untuk bergabung dalam koalisi yang telah dibangun sebelumnya oleh Nasdem, bersama-sama Demokrat dan PKS.

"Saya nggak tahu apa yang terjadi di koalisi tapi kesimpulannya koalisi di dua partai ini urusan saya dan bang Surya, tetapi koalisi partai yang lain akan tergantung bang Anies," katanya.

Dilanjutkan oleh Anies, bahwa apa yang terjadi dalam koalisi PKB tersebut adalah dinamikan independen. Tidak ada kaitannya dengan situasi di Koalisi Perubahan.

Sebab situasi di koalisi, jelas Anies, sudah mulai mandek di akhir pekan akhir Agustus 2023. Sampai di Tim 8, jelas Anies, terjadi ketidak sepakatan. Sedangkan pada waktu bersamaan, ada situasi di PKB. 

Tapi Anies memastikan, pihaknya pun tidak tahu dengan situasi di PKB tersebut. Bukan dikendalikan atau diatur oleh pihak-pihak tertentu. Tetapi menurutnya, sudah diatur oleh Tuhan.

"Ini terjadi peristiwa-peristiwa yang kemudian kalau kita tengok lagi ke belakang itu seperti saling pas gitu dan jadilah apa yang sekarang kita lihat," katanya.

"Dan itulah yang disebut jodoh," timpal Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya