Ridwan Kamil Dapat Dongkrak Elektabilitas Ganjar tapi Terhambat Status Kader Golkar, Kata Pengamat

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Peneliti utama politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai bahwa mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dapat menaikkan elektabilitas bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo apabila dipasangkan untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bakal Maju di Pilkada Jateng bersama Dico Ganinduto, Raffi Ahmad Ungkap Hal Ini

Menurut Siti, sebagaimana dilansir dari ANTARA di Jakarta, Kamis, 7 September 2023, Ganjar Pranowo memiliki kesamaan kepribadian dengan Ridwan Kamil, seperti sosok yang cair dan asik. Maka, ketika mereka dipasangkan sebagai bakal capres dan calon wakil presiden (cawapres) akan cocok.

Siti menyebutkan Ganjar menguasai wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, Ganjar sulit mendulang suara di Jawa Barat.

DKPP Kembali Beri Sanksi Ketua KPU, Kali Ini soal Kebocoran Data Pemilih

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan).

Photo :
  • Twitter @ridwankamil

Untuk itu, bergabungnya Ridwan Kamil dapat mendongkrak suara Ganjar di Jawa Barat. Sebab, Ridwan Kamil menguasai suara di Jawa Barat. "RK (Ridwan Kamil) dianggap bisa mendongkrak Jawa Barat dan tentunya dia ahli-lah. Dua orang itu betul-betul orang publik, orang milenial dan memang bagus," ujarnya.

Kepemimpinannya Dikhawatirkan Bahayakan Demokrasi, Begini Jawaban Blak-blakan Prabowo

Hal ini juga dapat mengubah peta koalisi Pilpres 2024. Pasalnya, Ridwan Kamil berstatus politikus Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin itu telah menjadi anggota Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Selain itu, apabila Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil maju dalam Pilpres 2024, tak dapat dimungkiri suara Prabowo Subianto bisa teriris di Jawa Barat.

"Cuman masalahnya kan [Ridwan Kamil] ini kader sudah, anak ini kader, [menjabat] Wakil Ketua Umum, lagi. Jadi, menurut saya, kita di pemilu ini dipertontonkan dengan masalah etika," kata Siti.

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo berbicara di hadapan ribuan relawan yang memadati De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu, 3 September 2023.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Meski begitu, Siti menyinggung saat Ganjar ingin dipinang oleh partai lain. Kendati demikian, mantan gubernur Jawa Tengah itu dengan tegas menolak dan menyatakan bahwa dirinya merupakan bagian dari PDIP.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga menyerukan agar partai politik lain tidak membajak kadernya. "Itu yang harus ditaati, kalau seandainya dia bisa bersatu bagus. Tapi, ya mestinya Golkar ikut," katanya.

Ia melihat apabila kedua sosok itu ingin maju bersama dalam Pilpres 2024, Golkar harus diajak dan didiskusikan secara baik bukan tiba-tiba berpindah haluan. Siti menuturkan kondisi tersebut merupakan etika politik. Etika politik jangan dinafikan melainkan harus dikedepankan, katanya.

Tanpa etika politik, dia menekankan, politik akan menghalalkan semua cara untuk mewujudkan tujuannya. Apabila sudah seperti itu, politik Indonesia tak beradab dan "kita kehilangan kemuliaan budaya kita sebagai bangsa Indonesia". (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya