Respons Singkat Said Aqil kala Ditanya soal Klaim Cak Imin Akan Didukung Banyak Kiai NU

Said Aqil Siroj, mantan ketua umum Nahdlatul Ulama (NU), Ketua Dewan Pengawas Islam Nusantara Foundation
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Mantan ketua umum Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil buka suara tentang deklarasi duet Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Dalam deklarasi itu, Cak Imin sempat menyinggung bahwa Koalisi Perubahan sudah sesuai dengan ajaran NU.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Kendati demikian, Said Aqil mulanya menanggapi duet Anies-Cak Imin dengan mendoakan bahwa siapapun yang terpilih nanti adalah orang-orang yang telah mendapatkan rida Allah.

"Cuma berdoa, mudah-mudahan, mudah-mudahan yang menang yang diridai Allah," ujar Said Aqil ketika ditemui wartawan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat, 8 September 2023.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Anies Baswedan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Twitter Muhaimin Iskandar @cakimiNOW

Said Aqil hanya menjawab singkat ketika ditanya soal sikapnya atas klaim Cak Imin bahwa duetnya dengan Anies banyak didukung oleh Kiai NU. "Ya, ya, ya, wajar wajar, wajar wajar," ujarnya.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Cak Imin menerima pinangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk dipasangkan sebagai bakal calon wakil presiden Anies Baswedan. Dia semula mengaku tidak pernah membayangkan bisa menjadi cawapres Anies Baswedan yang diusung oleh Koalisi Perubahan namun akhirnya menerima tawaran Surya Paloh saat bertemu pada Senin, 28 Agustus.  

"Dari situ, insyaallah, ketika Bang Surya Paloh ajak salaman, bismillah, saya mau, saya siap bergabung dengan Koalisi Perubahan," kata Cak Imin saat deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu, 2 September.

Menurutnya, Koalisi Perubahan sesuai dengan ajaran NU, sebagaimana kaidah yang populer di kalangan pesantren NU, "al-muhafazatu ‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-aslah (menjaga tradisi lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik)".

Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Twitter @aniesbaswedan

Artinya, kata Cak Imin, koalisi yang terus-menerus memperbarui dan memperbaiki apabila ada sasaran lebih baik tapi tidak lupa ada fondasi-fondasi kokoh yang telah dirintis oleh generasi pendahulu yang lebih baik.

"Perubahan yang terus memelihara keberhasilan-keberhasilan, termasuk kesuksesan-kesuksesan dari pemerintahan dari zaman ke zaman, khususnya pemerintahan di bawah kepemimpinan Pak Jokowi," ujar Cak Imin

"Insyaallah, kita akan kejar perbaikan, pembaharuan, yang maksimal untuk Indonesia. Kita juga akan teruskan semua prestasi yang diraih bangsa Indonesia."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya