PKB Klaim Nama Koalisi Perubahan Hampir Disetujui untuk Anies-Cak Imin

Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengatakan nama Koalisi Perubahan hampir disetujui Partai Nasdem dengan PKB. Nama poros itu akan dipakai dalam mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2024

Prabowo Gaungkan Program Makan Siang Gratis, Gerindra: Mudah-mudahan Warteg Bisa Kecipratan

"Kira-kira yang hampir disetujui adalah Koalisi Perubahan," kata Huda kepada wartawan, Jumat, 8 September 2023.

Huda mengatakan, sejak awal, ide untuk nama Koalisi Perubahan merupakan gagasan dari Partai Nasdem. Dia bilang selama ini Nasdem sudah lama menggaungkan perubahan untuk Indonesia. 

Sekjen Gerindra Ungkap Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati

Menurut dia, pihaknya tidak mempersoalkan penamaan Koalisi Perubahan tersebut. Meski demikian, ia menuturkan dari internal PKB juga memberikan masukan nama koalisi. 

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Kami enggak ada masalah walaupun di kami juga ada yang usul itu juga sifatnya pandangan pribadi. Kita bikin saja namanya misalnya Koalisi Kebangkitan untuk Perubahan. Atau mungkin (koalisi) Kebangkitan dan Perubahan. Bisa kan?" tutur Ujang.

Sebelumnya, Bendahara Umum DPP Partai Nasdem Ahmad Sahroni mengaku tak setuju dengan usulan nama koalisi Anies-Cak Imin jadi Koalisi PBNU. Usulan nama PBNU disuarakan Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim.

Menurut dia, nama tersebut identik dengan singkatan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

"Yang pertama, PBNU kan udah memiliki organisasi sendiri. Jadi janganlah bawa-bawa nama PBNU. Saya enggak setuju nanti akan berdampak pada organisasi lainnya," kata Sahroni kepada wartawan.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di markas DPP Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sahroni juga meminta agar elite PKB tak terburu-buru untuk memutuskan nama koalisi. Menurut dia, penentuan nama koalisi harus menunggu dari para ketua umum partai politik (parpol) duduk bersama dan memutuskan nama terbaik untuk berlayar di Pilpres 2024 mendatang. 

"Nasdem terkait nama koalisi tunggu para bos duduk bersama untuk menamakan tag line koalisi," lanjut Sahroni.

"Apapun usulan nama nanti tunggu para bos datang dan duduk bersama saja, baru tentukan nama tag line ke depan," ujarnya.

Sebelumnya usulan nama Koalisi PBNU dilontarkan ketua DPP PKB Lukmanul Khakim. Maksud Lukman, sapaan akrabnya, koalisi PBNU itu singkatan dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.  

"Saya mengusulkan nama koalisi Nasdem-PKB: Koalisi PBNU. Koalisi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945," kata Lukman, sapaan akrabnya, Kamis, 7 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya