Cara Kampanye Ganjar Lebih Diterima Kalangan Milenial dan Gen Z, Menurut Survei Ipsos

Ribuan relawan Ganjar Pranowo memadati Hall De Tjolomadoe, Karanganyar, Jateng.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Jakarta – Hasil survei Ipsos Public Affairs menyebutkan bahwa elektabilitas bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial (usia 25-39 tahun) dan Gen Z (usia 17-24 tahun)

Program Makan Siang Gratis Gagasan Prabowo Sebaiknya Tak Dibiayai Penuh APBN, Menurut Pengamat

Peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menjelaskan bahwa di kalangan milenial elektabilitas Ganjar sebesar 39,90 persen dan di Gen Z sebesar 42,40 persen. Elektabilitas Ganjar lebih unggul di kalangan milenial dan Gen Z karena mantan Gubernur Jawa Tengah itu lebih aktif di media sosial.

“Cara kampanye Ganjar lebih diterima di kalangan milenial dan Gen Z karena Ganjar lebih aktif di media sosial. Aktif dan bahasanya membumi,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, 8 September 2023.

Lepas Jemaah Haji, Wamenag Titip Doakan Prabowo-Gibran di Tanah Suci

Ridwan Kamil saat ditemui di ajang GIIAS 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Menurut dia, konten yang disampaikan Ganjar di medsos pribadinya mendapatkan atensi dari kalangan milenial dan Gen Z. Cara ganjar bermain medsos pun menjadi daya tarik untuk kalangan milenial dan Gen Z.

Gerindra: PDIP Tidak Punya Masalah dengan Prabowo, Kami Juga Tak Punya Masalah dengan Bu Mega

Ia melihat Ganjar memang jago dalam penggunaan medsos, sama seperti Ridwan Kamil (RK) yang mampu menggaet kalangan milenial dan Gen Z.

“Namun RK bukan tokoh potensial yang maju sebagai capres. Karena itu, dibandingkan Prabowo dan Anies, Ganjar jauh lebih aktif dan atraktif di medsos,” ujarnya.

Arif mengatakan pemilih milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 jumlahnya diperkirakan mencapai 56 persen dari total suara. Untuk itu, suara dari kedua kalangan tersebut sangat potensial diperebutkan para kandidat.

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Hasil survei Ipsos menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan Gen Z (17-24 tahun), yaitu sebesar 42,40 persen. Sementara itu, Prabowo Subianto sebesar 41,6 persen, Anies Baswedan 16 persen.

Di kalangan milenial (25-39 tahun), Ganjar masih unggul di angka 39,90 persen, lalu Prabowo 35,71 persen, dan Anies Baswedan 24,38 persen.

Sementara itu di kalangan pemilih dengan rentang usia 40-49 tahun, Ganjar 35,42 persen, Prabowo 41,67 persen, dan Anies 22,92 persen.

Di kalangan pemilih dengan rentang usia 50-59 tahun, Ganjar 47,90 persen, Prabowo 29,41 persen, dan Anies Baswedan 22,69 persen. Lalu, kalangan pemilih usia di atas 60 tahun yaitu Ganjar 27,27 persen, Prabowo 36,36 persen, dan Anies Baswedan 36,36 persen.

Survei Ipsos digelar pada 22 sampai dengan 27 Agustus 2023 di 24 provinsi, pada daerah perkotaan dan perdesaan. Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 1.200 responden dan menggunakan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan sistem computer-assisted personal interviews (CAPI).

Survei tersebut memiliki margin of error ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya