Ultah ke-22 Partai Demokrat Digelar Sederhana, AHY Sebut karena Dinamika Politik

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa hari ini yakni Sabtu 9 September 2023 itu adalah hari ulang tahun Partai Demokrat yang ke 22 tahun. Dia menyebut ulang tahun hari ini digelar secara sederhana.

Dalam Forum WWF di Bali, AHY Usul Pembentukan Badan Air Nasional

Ulang tahun yang digelar secara sederhana itu, kata AHY, disebabkan karena saat ini keluarga besar Partai Demokrat masih mendapatkan dampak atas peristiwa beberapa waktu lalu yakni dikhianati Anies Baswedan yang membelot ke Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi bacawapres.

"Hari ini sedikit berbeda tanggal 9 september ini kita ingin ada kan secara sederhana saja, di DPP Demokrat karena kita tahu ada peristiwa yang juga tentunya berdampak langsung secara tidak langsung kepada keluarga besar Demokrat," ujar AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Sabtu 9 September 2023.

Golkar dan PAN Singgung Jatah Kursi Menteri, AHY Enggan Tambah Beban Prabowo

Rapimnas Diundur karena Adanya Dinamika

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Edy, Ijeck dan Bobby Nasution Berebut Tiket Diusung Demokrat di Pilgub Sumatera Utara

AHY juga menjelaskan bahwa dirinya bersama dengan partai Demokrat sudah move on atas peristiwa itu. Dia juga menjelaskan bahwa sejatinya di hari ulang tahun ke 22 partai Demokrat itu, rencananya DPP Demokrat akan membikin sejenis Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) jelang pemilu 2024. Kendati, partai Demokrat harus mendapatkan peristiwa yang tidak diduga itu.

"Di hari ulang tahun partai demokrat ini tadinya kita akan menyelenggarakan semacam rapimnas, peringatan atau puncak perayaan hut partai tetapi tentu karena ada situasi dan dinamika kita harus undur sedikit tetapi pada saatnya itu harus kita lakukan dan insyaallah di saat itu kita sudah memiliki keputusan-keputusan yang juga akan ditentukan perjalanan demokrat ke depannya tapi tentu bukan hari ini," ungkapnya.

Saat ini, kata AHY, di hari yang istimewa ini dia lebih mengutamakan menyatukan semangat energi para kader Demokrat di tanah air.

"Hari ini kita benar ingin secara sederhana menyatukan energi bukan hanya yg ada di Jakarta tapi juga yg ada di berbagai di penjuru tanah air," bebernya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar konsolidasi internal di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 4 September 2023. AHY pun sempat memberikan pernyataan resmi pasca Anies Baswedan memilih Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres.

Dia bilang Partai Demokrat sudah move on usai dikhianati Anies Baswedan dan Partai Nasdem. Kata AHY, Demokrat siap menyongsong peluang menuju 2024. 

"Dengan kerendahan hati menyatakan move on. Dan, siap menyongsong peluang-peluang baik di depan," ujar AHY dalam pidato politiknya di DPP Demokrat, Senin, 4 September 2023.

AHY mengaku sangat memahami perasaan kadernya yang marah kecewa, hingga sedih setelah dikhianati Anies dan Nasdem. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh kader untuk berbesar hati menghadapi tantangan politik ke depannya.

"Saya ajak kepada semua untuk tetap sabar dan ikhlas pasti ada rencana tuhan yang lebih baik baik kita semua. Tapi yang jelas saya bangga sekaligus terharu atas ketegaran kesetiaan seluruh kader," jelas AHY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya