Survei Terbaru Capres 2024: Simulasi 2 Nama, Prabowo Unggul Telak dari Anies

Pertemuan bacapres sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan elite petinggi PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih memperlihatkan keunggulan elektabilitasnya sebagai bakal capres 2024. Menteri Pertahanan RI itu masih unggul atas dua bacapres lainnya seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Demikian hasil survei jelang Pilpres 2024 yang dilakukan Polling Institute periode 21 – 25 Agustus 2023. Prabowo yang merupakan bakal capres Koalisi Indonesia Maju itu berhasil mengalahkan Ganjar dan Anies dalam simulasi skema head to head

“Pada simulasi 2 nama, Prabowo 47,9 persen unggul atas Ganjar 38,3 persen, belum menjawab 13,8 persen,” kata Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam keterangannya, Minggu, 10 September 2023. 

Prabowo Ucapkan Selamat Hari Buruh, Doakan Makin Sejahtera

Dia menyampaikan dalam temuan survei lainnya, jika Pilpres 2024 hanya meloloskan dua nama, maka Prabowo juga akan mengalahkan Anies. Keunggulanyang diraih Prabowo dar Anies itu juga cukup telak.

Survei: ASR Bakal Cagub Sultra dengan ELektabilitas Tertinggi, Pemilih Lihat Kemampuan

“Simulasi 2 nama, Prabowo 56 persen, unggul atas Anies 26 persen, belum menjawab 18,1 persen,” lanjut Kennedy. 

Adapun, pada survei yang sama, elektabilitas Prabowo juga meninggalkan Ganjar dan Anies. Kemudian, dari simulasi tiga nama bacapres 2024, Prabowo juga masih tangguh dari dua kandidat yang jadi pesaing sengitnya itu.

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA

Figur eks Danjen Kopassus itu berhasil mengantongi dukungan sebesar 36,3 persen. Selanjutnya, di bawah dia ada Ganjar dengan 32,4 persen dan Anies 20 persen. 

"Simulasi 3 nama, Prabowo 36,3 persen, unggul atas Ganjar 32,4 persen dan Anies 20 persen. Belum menjawab sekitar 11,3 persen," ujarnya. 

Survei terbaru Polling Institute ini melibatkan sebanyak 1.201 responden. Survei digelar periode 21-25 Agustus 2023 dengan gunakan metode pembangkitan nomor telepon secara acak, random digit dialing (RDD). 

Adapun margin of error yang tercatat dalam survei ini berkisar sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya