Alasan Anies Baswedan Ogah Buru-buru Umumkan Tim Pemenangan

Waketum Nasdem Ahmad Ali (kanan) temani Anies-Cak Imin di markas DPP PKS.
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta – Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan bersama tandemnya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin resmi didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, Anies mengaku belum ingin terburu-buru membentuk tim pemenangan di Pilpres 2024.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Anies mengatakan demikian usai deklarasi PKS yang menyatakan dukungan terhadapnya untuk berduet dengan Cak Imin di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat 15 September 2023.

"Sekarang dalam proses nanti pada waktunya akan diumumkan. Dan, kita tidak buru-buru," kata Anies di kantor DPP PKS.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini proses pembentukan tim pemenangan dalam proses koordinasi. Menurut Anies, setiap partai dalam koalisi masih memberikan gagasan.

"Ada utusan-utusan dari masing-masing partai yang sekarang sudah melakukan komunikasi dengan sangat baik," ujar Anies.

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

Menurut dia, tim pemenangan akan diumumkan jika waktunya sudah pas. Namun, Anies enggan memerinci pastinya.

PKS Resmi Dukung Anies-Cak Imin

PKS akhirnya menyetujui Cak Imin sebagai bakal cawapres Anies untuk Pilpres 2024. Usai musyawarah Majelis Syuro, PKS langsung mendeklarasikan dukungannya terhadap duet Anies-Cak Imin.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menjelaskan salah satu poin hasil dari Musyawarah Majelis Syuro PKS adalah mengusung pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin.

"Menyetujui dan menetapkan pasangan Bapak Anies Baswedan-Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai pasangan bakal capres-cawapres yang secara resmi diusung oleh PKS pada Pilpres 2024," kata Syaikhu di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat 15 September 2023.

Dia mengatakan proses Musyawarah Majelis Syuro berjalan dengan lancar dan khidmat. Begitu juga saat keputusan mendukung Cak Imin sebagai bacawapres pendamping Anies.

"Forum musyawarah majelis syuro ini berjalan alhamdulillah dengan sangat baik, khidmat, dan penuh kebersamaan," kata dia.

Dengan sikap PKS, duet Anies-Cak Imin kini disokong tiga partai politik. Selain PKS, sudah ada Nasdem dan PKB yang sudah deklarasikan pasangan Anies-Cak Imin di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 2 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya