Pengamat: SBY-Demokrat Modal Penting Bagi Prabowo Tantang Ganjar di Putaran Kedua Pilpres

Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Prabowo
Sumber :
  • Golkar Indonesia

Jakarta – Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai kehadiran Partai Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Koalisi Indonesia Maju dapat memberikan efek elektoral bagi bakal calon presiden Prabowo Subianto.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Denny JA mengatakan jika Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat benar-benar turun gunung all out mendukung dan memenangkan Prabowo, maka SBY akan dapat memberikan efek elektoral yang cukup besar bagi Prabowo.

"Jika SBY all out turun gunung (memenangkan Prabowo), Ia akan membantu Prabowo banyak sekali," kata Denny JA, Senin, 18 September 2023.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Menurutnya, SBY ada superstar di masanya. Ia telah memenangkan dua kali pemilu presiden dengan kemenangan telak atas rivalnya saat itu. Pada Pilpres 2004, SBY menang 20 persen atas rivalnya. Kemudian di Pilpres 2009, SBY menang diatas 30 persen atas rival terdekatnya.

SBY bersama ketua umum parpol pendukung Prabowo capres 2024

Photo :
  • Golkar Indonesia
PDIP Minta MK Ubah Suara PSI dan Demokrat di Papua Tengah jadi 0

Jika SBY all out, tambah Denny, akan dapat menarik banyak para pendukung lamanya untuk mendukung Prabowo Subianto.  
 
"Demokrat juga bisa fokus di Jawa Timur, karena itu adalah battle ground yang akan menentukan, terutama ketika Ganjar melawan Prabowo di putaran kedua misalnya, karena Prabowo unggul di Jawa Barat, Ganjar unggul di Jawa Tengah, maka Jawa Timur menjadi pertaruhan," ujar Denny JA.

"Siapa yang unggul di sana (Jawa Timur) besar kemungkinan akan unggul di pertarungan calon presiden," sambungnya

Diketahui, data survei terakhir LSI Denny JA Agustus 2023, komposisi perimbangan mesin kekuatan partai politik penghuni parlemen pendukung masing-masing calon presiden.

Prabowo Subianto didukung 4 parpol di parlemen dengan masing-masing kekuatan Gerindra 15,7 persen, Golkar 12,7 persen, PAN 4,0 persen dan Demokrat 3,3 persen. Dengan total kekuatan 35,7 persen. 

Ganjar Pranowo didukung 2 parpol di parlemen dengan masing-masing kekuatan, PDIP 23,2 persen, PPP 2,0 persen. Dengan total kekuatan 25,2 persen. 

Kemudian, Anies Baswedan didukung 3 parpol di parlemen dengan masing-masing kekuatan, Nasdem 5,6 persen, PKS 5,6 persen dan PKB 6,6 persen. Dengan total kekuatan 17,8 persen.

Untuk elektabilitas tiga bakal capres yang maju di 2024, Prabowo masih yang teratas dengan 36,2 persen. Disusul Ganjar 35,8 persen dan Anies jauh di bawah dengan 19,7 persen. 

Dengan asumsi ini, maka Prabowo dan Ganjar akan masuk di putaran kedua Pilpres 2024. Berdasarkan survei yang dirilis Denny JA Agustus 2023, jika pemilu diadakan hari ini, Prabowo akan memenangkan pilpres dengan keunggulan telak 51,5 persen, dan Ganjar Pranowo 43,1 persen.  

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), didampingi jajaran anggota Majelis Tinggi dan DPP Partai Demokrat, bertemu Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 17 September 2023.

Dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara langsung kepada Prabowo untuk maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Deklarasi resmi Partai Demokrat mendukung Prabowo akan disampaikan secara langsung oleh AHY di hadapan para kader saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada Kamis, 21 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya