Isu 2 Poros Mencuat, AHY Pede Koalisi Prabowo Makin Kompak dan Solid

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan respons soal isu dua poros pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. AHY yakin Koalisi Indonesia Maju (KIM) semakin kompak dan solid.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

AHY tak menafikan wacana dua poros sebagai dinamika politik menuju 2024. Ia menekankan Demokrat masih ingin fokus bersama KIM. 

"Ya, itu juga masuk saya simulasi atau kemungkinan-kemungkinan itu memang bisa banyak sekali. Tetapi, saya tidak ingin mengomentari terlalu jauh. Kami hanya ingin fokus, pertama KIM ini bisa semakin kompak dan solid," kata AHY di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 21 September 2023.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Menurut dia, setelah bergabungnya Partai Demokrat ke dalam koalisi, maka ada berbagai tahapan yang dilalui dalam rangka pemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Hal itu, kata dia, termasuk urusan penentuan nama bakal cawapres. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Ada tahapan-tahapan penting yang harus dilalui contohnya tadi kita menentukan siapa cawapresnya (Prabowo)," jelas AHY. 

Selain itu, poros KIM juga akan membahas soal tim pemenangan serta strategi untuk memenangi Pilpres 2024. "Lalu, tim pemenangannya bagaimana, tim strateginya bagaimana dan seterusnya. Saya pikir itulah yang menjadi fokus kita sementara," tutur AHY.

Wacana 2 poros koalisi Pillpres 2024 kembali muncul. Salah satu spekulasinya dorongan menduetkan Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo. Ganjar sudah merespons wacana tentang peluang dia berduet dengan Menteri Pertahanan RI di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu.

Ganjar tak menolak wacana itu dan berpandangan bahwa semua figur potensial, termasuk Prabowo. Dia bilang demikian karena semua bacapres punya kesempatan dan peluang yang sama.

"Semua calon yang punya potensi berpasangan dengan saya, sama jaraknya," kata Ganjar, menjawab pertanyaan tentang wacana tersebut, saat ditemui di Jakarta, Kamis, 21 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya