Didukung SBY-Demokrat, Positioning Politik Prabowo Tetap Wakili Keberlanjutan Jokowi

Bacapres Prabowo Subianto di forum Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Demokrat melalui forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) resmi melabuhkan dukungan untuk bakal capres atau bacapres Prabowo Subianto. Deklarasi itu disampaikan langsung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY). 

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Pun, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga siap gunung untuk menangkan Prabowo.

Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan menganalisa dengan dukungan Partai Demokrat ditambah SBY, maka Prabowo punya kekuatan signifikan dibandingkan bacapres PDIP Ganjar Pranowo. Dia menyebut kekuatan Prabowo saat ini juga lebih baik daripada bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

“Dengan bergabungnya Demokrat, kekuatan Prabowo memang signifikan dibanding Ganjar dan Anies karena menguasai hampir separuh kursi Parlemen (261 kursi),” kata Yusak, Jumat, 22 September 2023. 

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Selain itu, Yusak juga menyebut jika Prabowo merupakan sosok bacapres yang berpotensi melanjutkan pembangunan era pemerintahan Jokowi. Dia mengatakan demikian karena figur Ketua Umum Partai Gerindra itu dinilai berkomitmen penuh lanjutkan program pemerintahan Presiden Jokowi. 

Dia bilang Prabowo punya positioning yang direpresentasikan mewakili keberlanjutan pemerintahan Jokowi.

“Totalitas Prabowo melanjutkan program-program pemerintahan Jokowi saya kira tidak perlu diragukan lagi. Positioning politik Prabowo bisa dianggap mewakili karakteristik keberlanjutan pemerintahan Jokowi,” ujar Yusak.

Momen Prabowo, SBY, AHY Joget Bareng

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

 Maka itu, Yusak meyakini Prabowo jadi bacapres yang berdigdaya. Menurut dia, hal itu baik secara hitung-hitungan elektabilitas serta program yang akan dilanjutkan jika jadi RI-1 menggantikan Jokowi di 2024. 

Yusak menyebut jika Koalisi Indonesia Maju (KIM) harus jadi lokomotif yang kuat dan pintar untuk bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

“Di banding Ganjar dan Anies, Prabowo lebih menguasai kompleksitas tantangan Indonesia ke depan," lanjut Yusak. 

Dia menaruh harapan dengan poros KIM yang mendukung Prabowo nyapres. Kata Yusak, KIM mesti didesain didesain sebagai lokomotif. "Untuk menghadirkan smart dan strong leadership sebagai kunci penting untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tutur Yusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya