Ganjar adalah Calon Presiden, Kata Sekjen PDIP Merespons Wacana Duet dengan Prabowo

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPD PDIP DIY
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Gorontalo - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal peluang duet antara Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden 2024. Dia menegaskan Ganjar Pranowo merupakan calon presiden.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Jadi, siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo, posisinya Pak Ganjar adalah calon presiden, yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo. Kami saling melengkapi; tidak beririsan tapi saling memperkuat basis pemilih dan didukung relawan," kata Hasto dalam keterangannya, Jumat, 22 September 2023.

Di sisi lain, Hasto juga menyebut soal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo tinggal menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkannya. Sebab soal itu sudah dibahas dan dikaji secara mendalam.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Festival Belajaraya 2023 Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, katanya, telah mendengarkan masukan dari para ketua umum partai anggota koalisi dan berdialog berulang kali dengan Presiden Joko Widodo.

Megawati Instruksikan Ita Maju Pilwakot Semarang

"Sehingga, mohon sabar, nanti akan diputuskan yang terbaik sebagai pasangan yang saling melengkapi dan melanjutkan estafet kepemimpinan Pak Jokowi, bergerak cepat untuk kemajuan Indonesia Raya, menaruh perhatian pada petani, buruh, nelayan, guru dan lain-lain, karena pendidikan sangat penting sebagai penopang kemajuan," ujarnya. 

"Dan Pak Ganjar dengan SMK-nya menjadi best practice kepala daerah bagi anak-anak tidak mampu untuk dilatih revolusi mental, pengusahaan keterampilan, bahkan banyak yang bekerja di luar negeri."

Wacana dua poros koalisi pada Pemilu Presiden 2024 kembali muncul. Salah satu spekulasinya dorongan menduetkan Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo. Ganjar sudah merespons wacana tentang peluang dia berduet dengan Menteri Pertahanan RI di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu.

Ilustrasi warga mengikuti pemungutan suara ulang pemilihan umum (Pemilu) 2019 di TPS 27 Kelurahan Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Ganjar tak menolak wacana itu dan berpandangan bahwa semua figur potensial, termasuk Prabowo. Dia bilang demikian karena semua bakal capres punya kesempatan dan peluang yang sama.

"Semua calon yang punya potensi berpasangan dengan saya, sama jaraknya," kata Ganjar, menjawab pertanyaan tentang wacana tersebut, saat ditemui di Jakarta, Kamis, 21 September.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya