Akui Tak Lazim, Giring Minta Dewan Pembina Pilih Kaesang Jadi Ketum PSI

Ketua Umum PSI Giring Ganesha
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Jakarta – Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha meminta kepada Dewan Pembina untuk menjadikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI penggantinya.

Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

"Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya," kata Giring dalam keterangan tertulis, Senin 25 September 2023.

Kata Giring, permintaan itu memang terbilang aneh. Kendati demikan, PSI berani melakukan hal tersebut karena ingin berbeda dengan partai politik lainnya.

PDIP Minta MK Ubah Suara PSI dan Demokrat di Papua Tengah jadi 0

"Mungkin tidak lazim, di tengah banyak partai yang posisi tertinggi partainya tidak berganti-ganti. Tapi faktanya di PSI begitu," tutur Giring.

Dia juga menyebutkan sudah menjalin komunikasi dengan Kaesang sejak tiga bulan lalu. 

Anwar Usman Digantikan Guntur Hamzah saat Tangani Sengketa Pileg PSI

Kaesang Pangarep gabung dengan PSI

Photo :
  • Twitter PSI

Setelah ini, Giring menyampaikan akan fokus untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2024. "Setelah ini saya akan fokus di Dewan Pembina sambil berjuang memenangkan kursi di Dalil Jawa Barat I untuk PSI," jelas Giring.

Ada Kejutan di Kopdarnas

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan partainya akan menyampaikan kejutan terkait posisi atau jabatan yang akan dipegang Kaesang Pangarep usai resmi bergabung ke PSI. 

Kejutan itu akan disampaikan dalam acara 'Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI' di The Ballroom at Djakarta Theater, Senin, 25 September 2023, malam. 

Menurut Grace, pengurus DPP PSI bersama 38 ketua DPW PSI tengah melakukan rapat untuk menyerap aspirasi dari pengurus daerah terkait posisi Kaesang di PSI.

"Ada aspirasi seperti itu (Kaesang jadi Ketua Umum). Apakah jawabannya ketua umum atau enggak? Sabar, mohon doanya, semoga akan terjawab malam hari ini," kata Grace dalam perbincangan di tvOne, Senin.

Grace menerangkan agenda Kopi Darat Nasional malam ini -- selain membahas posisi Kaesang, juga akan mengumumkan sikap politik PSI di Pilpres 2024. 

"Agendanya malam hari ini kita dengarkan masukan dari teman-teman pengurus. Nanti ada acara deklarasi politik PSI. Acaranya apa? Sabar. Saya enggak bisa spill, nanti panitianya protes semua," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya