Isu Menteri PUPR jadi Cawapres Alternatif Ganjar, Begini Jawaban PDIP

Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Instagram: ganjar_pranowo

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menjawab soal isu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono yang masuk bursa cawapres alternatif Ganjar Pranowo.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Hasto menyebut nama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sudah pernah masuk di bursa cawapres Ganjar.

"Ya kalau nama kan sebelumnya sudah pernah disebutkan, termasuk ada pak Basuki, ada Pak Mahfud MD, ada pak Sandi," kata Hasto di sela Rakernas PDIP di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Namun, kata Hasto, PDIP sudah mengerucutkan dua nama kandidat pendamping Ganjar Pranowo di kontestasi Pilpres 2024. Pengerucutan itu sebelumnya ada nama dari Menteri BUMN Erick Thohir, eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno..

Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

"Hanya sekarang kan sudah dikerucutkan. Jadi, sebelumnya nama-nama itu sudah masuk semuanya. Kemudian sebelumnya juga ada pak Erick Thohir, ada pak Ridwan Kamil, sebelumnya kan ada 7, ada pak Andika, ada Tuan Guru Bajang," jelas Hasto.

Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hasto menegaskan bahwa nama-nama yang kuat untuk menjadi cawapres nantinya akan dilihat agar sesuai dengan visi misi Ganjar. Selain itu, sosok cawapres Ganjar juga harus sejalan dengan parpol pendukungnya.

"Nama-nama itu kan sebelumnya sudah disebut semua. Dan, kita juga sudah melihat bagaimana kesesuaiannya dengan pak Ganjar,” lanjut Hasto. 

Lebih lanjut, dia menyebut figur bakal cawapres Ganjar itu juga mesti seirama dengan tiga parpol pendukung Ganjar lainnya seperti Perindo, Hanura, dan PPP.

“Apakah wakil-wakil ini juga senafas dengan tiga partai yang mendukung, ada PPP, ada Perindo, Hanura yang bersama-sama dengan PDI Perjuangan, ini semua kan dilakukan dengan kalkulasi yang mendalam," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya