Gus Jazil: Capres yang Didukung PKB Selalu Menang di Jawa Timur

Waketum PKB Jazilul Fawaid dan sejumlah elite DPP PKB.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespons hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia khusus wilayah Jawa Timur. Bakal capres Ganjar Pranowo lebih unggul di Jawa Timur dibandingkan Prabowo Subianto maupun pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil mengaku tak masalah elektabilitas Anies-Cak Imin (AMIN) merosot jauh di Jawa Timur. Sebab, pihaknya memiliki hasil survei internal sendiri khususnya di wilayah Jawa Timur.

Dia mengklaim, hasil survei internal pihaknya menyebut pasangan AMIN sudah merata di seluruh wilayah Jawa Timur.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

"Ya tidak masalah, itu bagian dari yang akan menjadi pelecut semangat kita. Dalam survei boleh kita gunakan. Tapi, kita memiliki survei internal yang jauh berbeda. Tentu itu bukan konsumsi publik, tapi tren dari pasangan Anies Muhaimin di Jatim sudah mulai merata," kata Gus Jazil dalam tayangan Apa Kabar Indonesia Malam tvOne dikutip VIVA, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Gus Jazil menyadari suara PKB di Jawa Timur bergeser sedikit demi sedikit. Namun, ia menekankan dalam peta Pilpres, semua calon presiden yang didukung PKB selalu menang di Jawa Timur.

"Dalam peta Pilpres Jawa Timur atau presiden yang didukung PKB selalu menang di Jawa Timur, termasuk Pak Jokowi,” jelas Gus Jazil.

Dia menuturkan jika PKB masih berada di poros Prabowo Subianto maka akan menguntungkan Menteri Pertahanan tersebut.

“Seandainya tahun lalu Pak Muhaimin atau PKB mendukung Pak Prabowo, saya yakin Pak Prabowo juga menang di Jawa Timur," jelasnya.

Elektabilitas Anies-Cak Imin Merosot di Jatim

Sebelumnya, bakal capres Ganjar Pranowo unggul dalam semua simulasi capres 2024 merujuk hasil Survei Indikator Politik Indonesia khusus wilayah Jawa Timur. Ganjar juga unggul dalam simulasi berhadapan dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Sambangi Markas PKS

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam simulasi tiga nama bacapres, Ganjar unggul dengan hasil survei menembus 43,9 persen. Sementara, Prabowo Subianto sebesar 33,8 persen, dan Anies Baswedan 14,4 persen.

"Dari survei tersebut, sebanyak 8 persen belum menunjukkan pilihan," kata Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi, dikutip pada Senin, 2 Oktober 2023.

Survei Indikator juga membuat simulasi nama-nama yang mungkin pantas berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Ada 19 nama yang dimasukkan Indikator. Deretan nama itu antara lain Erick Thohir meraih 17,2 persen, Khofifah Indar Parawansa 15,1 persen, Mahfud MD 11,5 persen, Ridwan Kamil 9,2 persen, Sandiaga Uno 7,1 persen, Gibran rakabuming Raka 5,5 persen.

Kemudian, Muhaimin Iskandar alias Cak Imn 4,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,8 persen. Sementara, nama lain kurang dari 4 persen, belum menjawab 15,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya