Kaesang Diibaratkan Pion Jokowi, PSI Bakal Berlabuh ke Ganjar atau Prabowo?

Kaesang Pangarep, rapat pertama usai jabat Ketua Umum PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pertemuan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani jadi perhatian. Meski sudah dibantah Puan, ada spekulasi pertemuan itu sebagai rayuan PDIP agar PSI gabung ke poros pendukung Ganjar Pranowo.

Di Depan Pengurus Hipmi, Jokowi: Jangan Khawatir dengan Pergantian Presiden

Pakar politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko, menganalisa pertemuan Puan dengan Kaesang belum bisa langsung ditafsirkan arah PSI pasti ke Ganjar untuk Pilpres 2024. Dia menangkap makna pertemuan dua petinggi partai itu hanya sekadar penjajakan jelang pendaftaran capres-cawapres ke KPU.

"Nah, terkait arah nanti menentukan arah politik poros mana, dari pembicaraan yang ada itu memang belum tentu menjamin. Bisa jadi, pertemuan itu sifatnya penjajakan," ujar Anang saat dihubungi VIVA, Jumat, 6 Oktober 2023.

Jokowi Declares June 10 as National Entrepreneurship Day

Dia menuturkan dari perspektifnya, figur Kaesang selaku Ketum PSI bukan independen. Ia menyinggung omongan Presiden Jokowi yang sudah menasihati Kaesang selaku putra bungsunya soal pilihan gabung ke PSI. Namun, Kaesang memilih tetap gabung ke PSI.

Baca Juga: Puan Sebut Tak Goda Kaesang Gabung Dukung Ganjar: Kita Saling Memahami

Jokowi Buka Suara soal Kaesang Dilarang Maju Pilkada Jakarta

Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Kaesang Pangarep.

Photo :
  • Dok.PSI

Bagi Anang, Kaesang masih 'dikendalikan' Jokowi yang punya pengaruh. Dia menduga peran Jokowi masih tinggi di belakang layar PSI memegang komando PSI. Ia mengibaratkan Kaesang dan PSI sebagai pion menuju 2024.

"Jadi, kalau menurut saya, saya masih melihat peran Jokowi masih cukup tinggi. Dalam rangka untuk kemudian memainkan pion-pion dalam Pilpres ini," ujarnya.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga berpendapat dalam pertemuan dengan Puan, Kaesang tampaknya ingin menaikkan nilai tawar PSI. Ia menganalisa demikian karena Kaesang seperti menggantung arah dukungan.

"Bahkan Kaesang menyatakan bila nantinya PSI tidak mendukung Ganjar, ia mengharapkan tidak dicela," tutur Jamil, sapaan akrabnya.

Menurut dia, jawaban Kaesang itu jadi bagian dari permainan politik Jokowi. Ia menilai di balik Kaesang masih ada Jokowi.

"Untuk meningkatkan bargaining Jokowi dalam menentukan arah dukungan ke capres tertentu. Ibarat permainan catur, bisa saja Kaesang sedang jadi 'pion' Jokowi dalam menentukan dukungan ke Ganjar atau Prabowo," sebutnya.

Pertemuan bacapres sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan elite petinggi PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Penjelasan PSI

Juru Bicara sekaligus Ketua DPP PSI Sigit Widodo menanggapi istilah Kaesang seperti pion Jokowi versi pengamat. Dia tak mempersoalkan istilah pion untuk Kaesang.

"Ya, gak papa juga kalau dianggap begitu. Hak pengamat untuk berpendapat begitu," ujar Sigit saat dikonfirmasi VIVA, Jumat 6 Oktober 2023.

Dia menyampaikan sebelum Kaesang bertemu dengan Puan, PSI tak pernah menutup peluang mendukung Ganjar sebagai bakal capres. Pun, PSI pada Oktober 2022 sudah pernah mendeklarasikan Ganjar. Menurut Sigit, PSI masih punya tiga opsi untuk bersikap terkait arah 2024.

"Sampai saat ini kami masih tetap punya tiga opsi: mendukung Pak Ganjar, mendukung Pak Prabowo, atau jomblo," jelas Sigit.

Dia mengatakan demikian karena sejauh ini dinamika koalisi masih cair dan bisa berubah jelang pendaftaran capres-cawapres ke KPU. "Kita cermati saja dulu koalisi capres yang masih sangat cair dan baru ada satu cawapres yang sudah dideklarasikan hingga saat ini," sebut Sigit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya