Zulhas Ingin UMKM Lokal Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) menghadiri acara PAN X Jakcloth Semarang, Jawa Tengah. Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu kiat PAN menggeliatkan UMKM di Indonesia.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

"Ini kerja sama kita PAN dengan Jakcloth untuk membantu UMKM kita, khususnya Jawa Tengah. Nanti kita keliling Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Makassar dan lain-lain," kata Zulhas melalui keterangannya pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Selain itu, Zulhas menyebut kegiatan ini juga untuk membantu UMKM dalam mempertemukan produsen dan konsumen. "Pameran seperti ini kita sediakan, kita kasih stand gratis 60 untuk pakaian, 30 untuk kuliner," ujar Menteri Perdagangan ini.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Pesta Anak Nongkrong X Jakcloth

Photo :
  • Istimewa

Memang, kata dia, kegiatan ini sengaja diramaikan lewat media agar banyak orang yang mengetahui dan ikut meramaikan. Apalagi, lanjut dia, PAN (Pesta Anak Nongkrong) ini memang menyasar anak muda.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

"Kita membantu agar UMKM kita menjadi tuan di negerinya sendiri," imbuhnya.

Tentu saja, Zulhas mengatakan PAN akan konsisten turut mengembangkan UMKM di Indonesia. Makanya, lanjut dia, PAN mendirikan stand pakaian dan kuliner secara gratis, termasuk masyarakat yang berkunjung pun tanpa dipungut biaya.

"Kita konsisten memang PAN membantu tidak ragu-ragu, jelas, berpihak pada pengembangan UMKM kita. Kalau UMKM maju, Indonesia maju," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan berbelanja memborong kaus dan kemeja dari para pedagang UMKM di PAN X Jakcloth Semarang, Jawa Tengah. "Ini harganya berapa? Saya borong ya," ujarnya.

Setelah memborong, Zulhas lalu membagikan kaus itu kepada beberapa pengunjung yang hadir. Akan tetapi, Zulhas malah menyimpan kaus berwarna biru dan tidak diberikan kepada pengunjung. Sebab, kaus warna biru sama dengan warna partai berlambang matahari itu. "Yang ini mau saya ambil, bagus ini," ucap Zulhas.

Setelah berkeliling ke stand kaus, Zulhas juga melihat-lihat stand UMKM kuliner yang menyuguhkan beberapa makanan dan minuman khas Indonesia. Lalu, Zulhas pun memborong makanan dan minuman UMKM.

Sementara Ketua DPP PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengaku senang karena Semarang menjadi perputaran pertama di Pesta Anak Nongkrong (PAN) dengan Jakcloth.

"Mudah-mudahan diapresiasi. Alhamdulillah, hari pertama diapresiasi kurang lebih ada 7.000 penonton, hari ini 4.500 tiket online sudah dibeli dan ini (masih) ada on the spot, masih banyak orang," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini bisa menumbuhkembangkan UMKM yang ada karena sudah disediakan booth gratis. "Biar bergerak lagi perekonomian Indonesia," ujar Anggota DPR RI ini.

Diketahui, kegiatan PAN dengan Jakcloth digelar untuk membantu UMKM. Sesuai dengan tagline PAN bantu rakyat, PAN ingin memfasilitasi para UMKM di saat situasi ekonomi yang melambat di era gempuran media-media online, dan barang-barang impor yang ada di Indonesia.

PAN X Jakcloth digelar di Gris, Semarang, Jawa Tengah, selama 6-8 Oktober 2023. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan Souljah, Onad, dan musisi lainnya untuk meramaikan acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya