Qodari Sebut Ganjar Blunder Hapus Foto Bersama dengan Maruarar Sirait

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.
Sumber :
  • Ridho Permana

Jakarta - Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari merespon hilangnya postingan momen foto bareng bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo bersama politikus PDIP Maruarar Sirait saat keduanya menghadiri acara relawan di Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu 8 Oktober 2023.

10 Jenderal Lulusan Akpol 1996, Ada Petinggi Intel hingga Eks Ajudan Jokowi

Ganjar sebelumnya sempat memposting momen tersebut di akun Instagram miliknya @ganjar_pranowo. Namun saat ini momen foto bersama Maruarar itu sudah tak ada lagi di Instagram tersebut.

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Qodari menduga hilangnya foto Maruarar Sirait berpelukan dengan Ganjar Pranowo pada acara di Cirebon itu disebabkan oleh adanya pihak yang 'tidak suka' dengan penampilan Maruarar bersama dengan Ganjar. 

"Tentunya pihak yang bisa memaksa atau membuat Mas Ganjar menurunkan atau menghilangkan gambar itu adalah pihak yang powerful ya, bahkan lebih powerful daripada Ganjar sebagai calon presiden karena bisa membuat Mas Ganjar yang kelihatannya memang cukup akrab dengan Bang Ara bisa membuat Mas Ganjar menurunkan (postingan) tersebut," kata Qodari dalam keterangannya Selasa 10 Oktober 2023.

Kata Jokowi soal 38 Negara Dukung Keanggotaan Indonesia di OECD

Menurut Qodari, walaupun hal itu dianggap peristiwa kecil karena sekadar foto tapi punya pesan yang cukup besar. Yaitu bahwa Ganjar berpotensi untuk diintervensi atau mengalami intervensi. 

"Nah ini insiden kecil foto yang hilang. Tetapi saya kira implikasinya sebetulnya sangat besar kalau ditinjau dari kacamata politik yang juga lebih luas karena kalau saya pribadi melihat Bang Ara ini sebagai representasi dari Pak Jokowi, karena Bang Ara setahu saya sangat dekat dengan Pak Jokowi begitu," ungkap Qodari

Qodari menilai, pertarungan Pilpres 2024 ini sesungguhnya pertarungan memperebutkan aura, restu atau dukungan Jokowi sebagai tokoh politik paling sentral di Republik Indonesia baik dalam kacamata di elit maupun masyarakat. 

"Kita tahu bahwa tingkat dukungan masyarakat atau kepuasan masyarakat kepada Pak Jokowi kan 80%, jadi semua simbol-simbol yang kuat dan berasosiasi dengan Pak Jokowi misalnya relawan kemudian tokoh-tokoh termasuk Bang Ara sebetulnya penting dalam konteks pemenangan gitu," ucapnya

Qodari mengatakan dirinya memiliki tesis bahwa yang menang dalam pilpres 2024 nanti terutama dalam konteks Ganjar dan Prabowo itu adalah tokoh yang dipersepsi paling dekat atau paling mendekatkan diri dengan Pak Jokowi. 

Dalam konteks itu, kata Qodari, tindakan Ganjar yang menghapus postingan Maruarar Sirait merupakan tindakan blunder yang berpotensi menjauhkan dukungan pemilih Jokowi kepadanya. 

"Sesungguhnya kalau ada tokoh yang kemudian seperti memisahkan diri dengan Pak Jokowi atau simbol-simbolnya, sebetulnya menurut saya itu blunder, karena seperti menolak Pak Jokowi, padahal masyarakat pada hari ini mencari tokoh yang dekat atau dipersepsi berasosiasi dan didukung oleh Pak Jokowi," jelas Qodari

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari dalam Pemaparan Hasil Survei

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Qodari menegaskan bahwa peristiwa kecil seperti yang dilakukan Ganjar kepada Maruarar bisa memiliki implikasi besar terhadap arah dukungan publik di pilpres 2024. Apalagi di tengah rivalitas yang sengit dengan ketatnya jarak elektabilitas antara Ganjar dan Prabowo. 

"Jadi ini peristiwa kecil, foto yang hilang tetapi implikasinya besar yaitu dukungan yang hilang," papar Qodari

"Karena pertarungan atau kompetisi Prabowo dan Ganjar ini ketat, maka kemudian hilang sedikit saja sebetulnya itu bisa mengakibatkan kerugian yang besar karena dukungan masyarakat yang simpati atau mendukung Pak Jokowi juga akan hilang," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya