Gibran Diisukan Jadi Cawapres, Jokowi: Saya Tak Mencampuri Penentuan Capres Cawapres

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan lagi tidak ikut campur dalam menentukan bakal calon presiden dan calon wakil presiden, termasuk anak pertamanya yang diisukan mau maju pada Pemilu Presiden 2024, yakni Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi Pede Bendungan Ameroro Mampu Atasi Banjir dan Krisis Air di Konawe

Sebab, Gibran disebut-sebut mau dipasangkan menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto usai permohonan uji materi atau judicial review terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait batas usia calon presiden dan calon wakil presiden dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam putusannya, MK menyatakan batas usia calon presiden dan calon wakil presiden tetap 40 tahun, kecuali sudah berpengalaman sebagai kepala daerah. Permohonan uji materi ini diajukan oleh mahasiswa UNS, Almas Tsaqibbirru RE A terkait batas usia calon presiden dan calon wakil presiden.

PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas, Pengamat: Wajar Kalau Megawati Sangat Marah

“Saya tidak mencampuri urusan penentuan Capres atau cawapres,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Senin, 16 Oktober 2023.

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Upaya Ketum GP Ansor Gus Addin Galang Diaspora di 20 Negara Disambut Baik Jokowi

Sebaiknya, kata Jokowi, urusan calon presiden dan calon wakil presiden itu ditanyakan kepada partai politik. Sebab, lanjut dia, partai politik yang memiliki kewenangan untuk menentukan pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

“Pasangan capres dan cawapres itu ditentukan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Jadi, silakan tanyakan saja kepada partai politik. Itu wilayah parpol,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya