Deklarasikan Mahfud MD jadi Cawapres Ganjar, Megawati: Sosok Intelektual Mumpuni

Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat Pengumuman Cawapres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Soroti RUU Kementerian Negara, PDIP: Jangan Cuma Bagi-bagi Kekuasaan

"Hari ini hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 saya dengan mantap kini saya telah mengambil keputusan bagi lepentingan rakyat bangsa dan negara. Karena itulah dengan mengucapkan bismillahirrahmanirahim, maka cawapres yang dipilih yangg akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah bapak Mahfud MD," ujar Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan cawapres Ganjar Pranowo di DPP PDIP, Rabu, 18 Oktober 2023.

Megawati memuji sosok Mahfud sebagai intelektual yang mumpuni dan paham dengan persoalan hukum. Dia menyebut Mahfud sebagai pendekar hukum.

Sudaryono Mulai Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

“Sosok Intelektual mumpuni, penuh dengan pengalaman, pengetahuan, lengkap pengalaman di eksekutif, yudikatif, dan, legislatif,” ujar Megawati.

Pengumuman cawapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Paman Bobby Nasution Ambil Formulir ke PDIP

Sebagai informasi, Kode Mahfud MD menguat jadi tandem Ganjar diperlihatkan dari sikap dan pernyataan elite parpol. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di kediamannya, Jalan Teuku Umar kemarin sempat dikunjungi Mahfud MD.

Ketua Umum Hanura yang juga Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Ganjar Pranowo, Oesman Sapta Odang di kediamannya semalam juga ternyata sempat ditemui Mahfud. Mereka berbincang akrab sambil makan malam.

Sehari jelang pengumuman, sejumlah petinggi TKN juga melempar kode soal nama cawapres Ganjar berinisial M. Kode cawapres inisial M itu sudah dispekulasikan mengarah ke Mahfud MD.

"Inisialnya M. Siapa M itu? bisa Mas Mahfud MD, bisa Mas Gibran, Mas Erick Thohir, Mas Andika Perkasa, Mba Khofifah," kata Benny saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 17 Oktober 2023.

Pengumuman cawapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun, salah satu pentolan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yaitu Romahurmuziy alias Rommy membocorkan ciri-ciri cawapres Ganjar. Ketua Majelis Pertimbangan PPP itu mengatakan, figur cawapres Ganjar religius dan punya pengalaman sebagai pejabat publik lintas dekade.

Rommy juga menyebut figur tersebut punya pengalaman di bidang eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Adapun rekam jejak Mahfud diketahui pernah menjabat sebagai Anggota DPR Fraksi PKB periode 2004-2008, Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013), Menteri Pertahanan kemudian Menteri Kehakiman (2000-2001).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya