Mahfud MD Pendekar Hukum dan Pembela Wong Cilik, Alasan Megawati Memilihnya jadi Cawapres

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.
Sumber :
  • IST

Jakarta – Mahfud MD akhirnya dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo yang telah ditetapkan sebagai bakal capres pada 21 Juni 2023.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Saat ini, Mahfud MD adalah Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Salah satu yang menjadi pertimbangan Megawati, karena Mahfud adalah pendekar hukum.

"Prof Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik," kata Megawati Soekarnoputri, dalam pengumuman cawapres bersama para ketua umum partai pendukung, di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan

Megawati optimis, Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD adalah pemimpin Indonesia ke depannya. Megawati juga diawal sempat menyinggung persoalan KKN dan masalah hukum. Sehingga masuknya Mahfud MD, dianggap mampu mengatasi itu.

"Seorang sosok intelektual yang mumpuni karena saya perhatikan pengetahuan beliau masalah hukum sangat penuh dengan pengalamn dan pengetahuan," jelasnya. 
Selain itu, Megawati juga menilai Mahfud MD punya segudang pengalaman yang cukup bisa diandalkan untuk memimpin negara ini.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

"Sosok dengan pengalaman lengkap di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif," katanya.

Mahfud MD pernah duduk di DPR RI. Selain itu, juga pernah menjadi menteri era Presiden KH Abdurrahman Wahid. Lalu Mahfud juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi atau MK. Dan saat ini, dipercaya oleh Presiden Jokowi menjadi Menkopolhukam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya