Resmi jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Ini Profil Mahfud MD

Menkopolhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

“Hari ini hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 saya dengan mantap kini saya telah mengambil keputusan bagi kepentingan rakyat bangsa dan negara. Karena itulah dengan mengucapkan bismillahirrahmanirahim, maka cawapres yang dipilih yangg akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah bapak Mahfud MD,” ujar Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan cawapres Ganjar Pranowo di DPP PDIP, Rabu, 18 Oktober 2023. 

Seperti apa sosok Mahfud MD ini? Bagaimana latar belakang politiknya? Berikut kami rangkum sejumlah fakta-fakta menarik sosok Menko Polhukam yang jadi cawapres Ganjar Pranowo.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Sosok Mahfud MD

Menkopolhukam Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Dikutip dari situs resmi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur pada 13 Mei 1957. Ia memiliki nama lengkap Mohammad Mahfud.

Mahfud MD merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. Sang ibu bernama Siti Khadidjah, sementara sang ayah bernama Mahmodin. Inisial MD dibelakang namanya berasal dari nama ayahnya karena saat di SMP ada dua orang anak mempunyai nama yang sama bernama Mahfud, maka untuk membedakannya ditambahkan MD.

Pendidikan

Menkominfo Budi Arie ketika bersalaman dengan Menkopolhukam Mahfud MD.

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

- Madrasah Ibtida'iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura
- SD Negeri Waru Pamekasan, Madura
- Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), SLTP 4 Tahun, Pamekasan Madura
- Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), SLTA 3 Tahun, Yogyakarta
- S1 Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta
- S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan (Sasdaya) Jurusan Sastra Arab, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta
- Program Pasca Sarjana S2, Ilmu Politik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta
- Program Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Menko Polhukam Mahfud MD

Photo :
  • tvOne/Veros Afif

H Moh Mahfud MD lebih dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984. Ia menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi RI pada tahun 2008-2013. Kemudian Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menkopolhukam periode 2019-2024.

Sebelum itu, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI (2000-2001), Menteri Kehakiman dan HAM (2001), Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (2002-2005), Rektor Universitas Islam Kadiri (2003-2006), Anggota DPR-RI, duduk Komisi III (2004-2006), Anggota DPR-RI, duduk Komisi I (2006-2007), Anggota DPR-RI, duduk di Komisi III (2007-2008), Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008), Anggota Tim Konsultan Ahli Pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Republik Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya