Gerindra Beberkan Alasan Pengumuman Gibran Jadi Cawapres Prabowo Digelar Dadakan

Prabowo Subianto dan para Ketum Partai KIM saat deklarasi Gibran jadi Cawapres.
Sumber :
  • Instagram @zul.hasan

Jakarta Partai Gerindra mengungkapkan alasan diumumkannya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Minggu malam, 22 Oktober 2023. Sebelumnya direncanakan bahwa deklarasi itu akan dilakukan Senin, 23 Oktober 2023. 

Kelompok Petani di Pati Yakin Sudaryono Sosok Tepat Pimpin Jateng

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco mengatakan, dari pertemuan ketua umum Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediaman Prabowo di Kertanegara, para ketua umum partai menyepakati untuk langsung mengumumkan segera hasil kesepakatan rapat mengenai cawapres Prabowo. 

"Sehingga deklarasi yang tadinya akan digelar pada besok hari itu, pengumumannya langsung diumumkan atau dideklarasikan barusan tadi. Itu juga dalam rangka karena banyaknya juga keingintahuan selain kader-kader partai poltik pengusung KIM juga," ujar Dasco di kediaman Prabowo Minggu, 22 Oktober 2023. 

Bobby Nasution Gabung Gerindra, Begini Respons Sekjen PDIP

Prabowo umumkan Cawapres didampingi Ketum Koalisi Indonesia Maju

Photo :
  • Dokumentasi PAN

"Banyak sekali pertanyaan dari masyarakat mengenai capres dan cawapres, Sehingga tadi diumumkan capres dan cawapres KIM yaitu Prabowo dan Gibran," tambahnya. 

Prabowo Bicara soal Demokrasi: Kritik Itu Harus dan Boleh, Namun yang Objektif

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabumingraka secara resmi diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto. 

Hal itu diungkapkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, setelah melakukan rapat dengan seluruh Ketua Umum KIM,  yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden kim untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo Minggu, 22 Oktober 2023. 

Prabowo mengatakan, untuk berikutnya dirinya bersama Gibran akan mendaftarkan diri ke KPU pada tanggal 25 Oktober 2023. 

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu tunggu, dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum, tanggal 25 akan daftar di KPU," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya