KPU Belum Terima Surat Pemberitahuan Pendaftaran Prabowo-Gibran

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta – KPU RI hingga saat ini belum menerima surat pemberitahuan pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Meskipun, Bacapres dari KIM Prabowo Subianto dan sejumlah petinggi KIM sudah menyampaikan ke publik akan mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Sampai saat ini KPU belum menerima surat pemberitahuan resmi rencana pendaftaran bakal pasangan calon presiden-wakil presiden dari gabungan partai politik KIM atau Koalisi Indonesia Maju," kata Anggota KPU Idham Holik kepada wartawan, Senin, 23 Oktober 2023.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Idham menuturkan, KPU akan menunggu surat pemberitahuan tersebut dan meyakini bakal disampaikan segera ke KPU sebelum KIM mendaftarkan Prabowo-Gibran. Apalagi, KPU akan menutup pendaftaran pasangan capres-cawapres pada Rabu, 25 Oktober 2023, Pukul 23.59 WIB.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

"Kami meyakini dalam waktu dekat gabungan partai politik tersebut menyerahkan surat pemberitahuan tersebut ke KPU," kata Idham.

Prabowo Subianto Rakernas II Partai Golkar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memastikan pasangan Prabowo-Gibran akan mendaftar ke KPU sebagai pasangan capres-cawapres pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

Dasco menjelaskan bahwa terdapat beberapa persyaratan yang perlu diselesaikan Prabowo-Gibran sebelum melakukan pendaftaran ke KPU.

"Semalam, setelah pengumuman nama cawapres, hari ini masih ada beberapa persyaratan yang harus diurus," kata Dasco di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin, 23 Oktober 2023. 

Selain itu, Dasco menegaskan bahwa tanggal 25 Oktober dipilih berdasarkan kesepakatan dengan partai koalisi, termasuk Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, Garuda, PBB, Gelora, Prima, dan Gibran Rakabuming Raka.

"Kami telah mencapai kesepakatan dengan partai-partai koalisi dan juga dengan cawapres bahwa pendaftaran akan dilaksanakan pada hari Rabu (25 Oktober)," kata Dasco.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya