Airlangga: Ketua Umum Parpol KIM Dampingi Prabowo-Gibran Daftar ke KPU Besok

Airlangga Hartarto, HUT Partai Golkar ke-59
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

Airlangga: Singapura-Malaysia Tidak Senang RI Punya Industri Semikonduktor

Prabowo dan Gibran juga akan didampingi para ketua umum partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam pendaftaran tersebut.

"Ya tentu besok Bapak Prabowo dan Mas Gibran akan mendaftar pada pagi hari dan tentunya akan didampingi oleh Koalisi Indonesia Maju dan Insya Allah ketua umumnya akan hadir," kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto kepada wartawan di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Oktober 2023.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Airlangga tidak menjelaskan titik awal pemberangkatan Prabowo dan Gibran untuk mendaftarkan diri ke KPU. Ia hanya menyebutkan, pendaftaran rencananya dilakukan pukul 10.00 WIB. "Rencananya (jam 10.00 WIB) demikian," ujarnya. 

Prabowo umumkan Cawapres didampingi Ketum Koalisi Indonesia Maju

Photo :
  • Dokumentasi PAN
Airlangga Sebut Ekonomi Indonesia Masih Untung Meski Masalah Geopolitik Berkecamuk

Seperti diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi dideklarasikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Deklarasi langsung diumumkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

Deklarasi itu disampaikan Prabowo usai rapat dengan sejumlah Ketua Umum KIM, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hingga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023. 

Prabowo mengatakan, untuk berikutnya dirinya bersama Gibran akan mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum, tanggal 25 akan daftar di KPU," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya