Jokowi Jawab soal Gibran Dinasti Politik: Rakyat yang Coblos, Bukan Partai

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi buka suara soal dituding sedang membangun dinasti politik setelah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diusung sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Bagi dia, hal itu yang menilai adalah rakyat.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

“Ya itu kan masyarakat yang menilai,” kata Jokowi di Hutan Kota Plataran, Senayan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Menurut dia, pesta demokrasi lima tahunan baik Pilkada tingkat kota maupun bupati, gubernur hingga Pilpres itu merupakan kedaulatan rakyat. Dengan demikian, kata dia, rakyat yang menentukan siapa sosok yang dipilihnya.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

“Dalam pemilihan baik itu di pilkada, pemilihan wali kota, pemilihan bupati, pemilihan gubernur, pemilihan presiden. Semuanya yang memilih itu rakyat, yang menentukan itu rakyat, yang mencoblos itu juga rakyat. Bukan kita, bukan elite, bukan partai. Itulah demokrasi,” jelas Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sudah mengumumkan nama anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuking Raka diusung sebagai bakal cawapres di Pilpres 2024. Sedangkan, Koalisi Indonesia Maju telah mengusung Prabowo sebagai bakal capres 2024.

Adapun, KIM merupakan poros yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda.

“Kita telah berembuk secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon Presiden untuk 2024/2029. Dan, Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo pada Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Kaesang Pangarep, Ketua Umum PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Isu dinasti politik mencuat pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan perkara syarat capres dan cawapres minimal 40 tahun kecuali pengalaman dari kepala daerah. Dengan putusan MK itu, Gibran dapat lampu hijau bisa maju jadi kontestan Pilpres 2024.

Sorotan publik lainnya karena Ketua MK Anwar Usman yang memimpin sidang tersebut adalah paman Gibran Rakabuming.

Sebelumnya, putra bungsu Jokowi Kaesang Pangarep tengah jadi sorotan gegara diplot sebagai Ketua Umum PSI. Didapuknya Kaesang jadi pentolan PSI itu juga dispekulasikan karena  peran Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya