PDIP Belum Pecat Gibran, TPN Ganjar: Jangan-jangan Enggak Jadi Cawapres

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dipanggil PDIP
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Juru bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP), Sunanto atau Cak Nanto buka suara soal belum dipecatnya Gibran Rakabuming Raka oleh PDIP meski telah menerima pinangan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Cak Nanto mengatakan, harus dilakukan sidang kode etik terlebih dahulu sebelum PDIP memecat kader partainya. Pun, kata dia PDIP belum melakukan sidang etik terhadap Gibran lantaran tak kunjung didaftarkan sebagai cawapres ke KPU.

"Selama ini kan ada Dewan Kehormatan partai, jadi yang selama ini dilakukan biasanya ada sidang kode etik, baru ada proses pemecatan, selama ini belum ada karena cawapres orang lain kan belum didaftarkan," kata Cak Nanto kepada wartawan, dikutip Selasa, 24 Oktober 2023.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Golkar Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Prabowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Cak Nanto justru mengatakan masih ada kemungkinan Gibran akan gagal menjadi cawapres Prabowo jelang waktu pendaftaran ke KPU RI. Dugaan itu disebut Cak Nanto mengingat dunia politik berjalan sangat dinamis.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

"Jadi secara otomatis itu kalau sudah didaftarkan, jangan-jangan enggak jadi karena di dunia politik kayak kemarin satu menit saja sudah bisa berganti," ujar politikus PDIP itu

Seperti diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi dideklarasikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Deklarasi langsung diumumkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Deklarasi itu disampaikan Prabowo usai rapat dengan sejumlah Ketua Umum KIM, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hingga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023. 

Prabowo mengatakan, untuk berikutnya dirinya bersama Gibran akan mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum, tanggal 25 akan daftar di KPU," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya