FX Rudy Minta Gibran Gentle Kembalikan KTA PDIP: Datang Kelihatan Muka, Pergi Kelihatan Punggung

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dipanggil PDIP
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Solo – Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo memilih menanggapi Gibran Rakabuming yang sebelumnya minta izin maju sebagai Wali Kota Solo lewat PDIP dengan kepala dingin. Sembari mengucapkan selamat kepada Gibran, Rudy meminta kepada anak sulung Presiden Jokowi untuk bersikap gentel mengundurkan dari PDIP dengan menyerahkan sendiri KTP PDIP. 

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

"Saya selaku ketua DPC tentunya mengucapkan selamat untuk Mas Gibran sudah bisa mendaftar sebagai calon wakil presiden. Saya lebih penting persahabatan daripada sebuah jabatan. Sehingga biarpun Mas Gibran sebagai cawapres pun ya tetap masih sahabat karena ciptaan Tuhan diciptakan tidak untuk bermusuhan, " jelas dia di Solo, Rabu, 25 Oktober 2023.

Mengenai sikap politik PDIP yang hingga saat ini masih menggantungkan nasib keanggotaan Gibran, Rudy meminta dengan santun agar suami Selvi Ananda itu datang sendiri ke kantor DPC PDIP Solo untuk mengembalikan KTA dan mengundurkan diri. 

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Bagian dari Keluarga Besar NU

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

"Mas Gibran sudah diberikan kesempatan jadi Wali Kota Solo oleh mbak Mega, itu sebagai persyaratan putusan MK. Ya menurut saya lebih baik mas gibran datang kelihatan mukanya ke DPC, meninggalkan DPC dengan mengundurkan diri kelihatan punggungnya. Itu pesan dan harapan saya," katanya.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Seperti diketahui, Gibran maju menjadi calon wali kota pada Pilkada Solo 2020 melalui partai berlambang kepala banteng bermoncong putih. Gibran mendaftar sebagai kader DPC PDIP pada 23 September 2019.

Ia mendapat restu dari Ketua Umum PDIP Megawati untuk bertarung di Pilkada Solo pada 9 Desember 2020. Gibran pun menang di Pilkada Solo. 

Dia berharap dengan hormat Gibran berani membuat surat pengunduran diri dan kembalikan KTA ke DPC PDIP Solo. Terlebih, ia tidak ingin, sikap politik Gibran yang tak segera mengundurkan diri memunculkan anggapan Megawati bermain dua kaki yang memberikan dukungan pada Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran. 

"Biar Mbak Mega tidak dikata-katain orang, terus dibully berdiri dua kaki. Kepada Mas Gibran dengan kerendahan hati, saya memohon segera menyampaikan pengembalian KTA itu dan surat pengunduran diri, " tegasnya.

Rudy menyebut surat pengunduran diri ini adalah sebuah etika. Ia pun menunjukkan adab bagaimana dulu Gibran dulu kulonuwun dengan datang ke DPC PDIP untuk meminta menjadi kader PDIP sebagai salah satu syarat maju Pilkada Solo. 

"Datang kelihatan muka pulang juga kelihatan punggungnya kan gitu itu kan budaya bangsa kita sendiri. Dulu kalau Mas Gibran tidak minta KTA ke DPC kan juga tidak bisa jadi syarat jadi wali kota. Ketum (PDIP) sudah memberikan rekomendasi dan jadi wali kota ini kan juga kaitannya dengan persyaratan menjadi capres dan cawapres, " jelas Rudy. 

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo-Gibran Resmi Mendaftar ke KPU

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumingraka sudah resmi mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pilpres 2024 nanti. Prabowo pun mengklaim kalau berkas pendaftarannya sudah lengkap ke KPU.

Hal tersebut dikatakan Prabowo ketika memberikan sambutan usai mendaftar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu 25 Oktober 2023.

"Diantar oleh ketua umum-ketua umumnya, dan secara resmi kita telah mendaftar sebagai capres dan cawapres RI. Dan tadi Ketua KPU menyatakan bahwa berkas kita dinilai lengkap," ujar Prabowo kepada wartawan di KPU, Rabu 25 Oktober 2023.

Prabowo berterimakasih kepada seluruh ketua umum KIM yang telah mengantarkannya ke kantor KPU. Dia bahkan meminta maaf kepada seluruh warga DKI Jakarta yang harus terdampak ketika dia hendak mendaftar ke KPU.

"Kami ucapkan terima kasih pada semua unsur yang telah kerja keras mengantarkan kami ke sini, dan kami mohon maaf kepada seluruh rakyat Jakarta mungkin membuat macet, karena antusiasme pendukung-pendukung kami pada siang ini," kata Prabowo.

"Sekali lagi terima kasih dan mari kita berkomitmen bersama untuk mensukseskan pemilu yang akan datang pemilihan yang kita ingin adalah pemilihan yang sejuk rukun penuh kekeluargaan penuh perdamaian, kita akan bertanding dengan gagasan bertanding dengan visi bertanding dengan program," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya