KPU Resmi Tutup Pendaftaran Capres-cawapres 2024, KIM Jadi Koalisi Paling Gemuk

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa saat ini sudah ada tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang mendaftarkan diri ke KPU jelang pilpres 2024 nanti. Dia menyebut sudah tidak ada lagi orang yang akan mendaftarkan diri.

Sidang Sengketa Pileg 2024, Hakim MK Tegur KPU Gegara Ajukan Renvoi Tak Tertib

"Nampaknya ini sudah selesai (pendaftaran), tidak ada gabungan partai politik lagi yang akan datang, karena memang partai politik peserta Pemilu 2019 yang memiliki kursi atau memiliki suara, hasil Pemilu anggota DPR Pemilu 2019, sudah ikut dalam gabungan partai politik, mendaftarkan masing-masing bakal pasangan calon presiden-wakil presidennya," ujar Hasyim kepada wartawan di KPU, Rabu 25 Oktober 2023.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari

Photo :
  • VIVA/Ilham Rahmat
KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Hasyim menjelaskan ada beberapa pemetaan dari koalisi yang sudah mendaftarkan. KPU mencatat Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi koalisi yang paling banyak dalam pendaftaran capres-cawapres ini. KIM dicatat memiliki suara sah terbanyak dalam hasil Pemilu 2019. Koalisi Indonesia Maju memiliki 59.762.053 suara. 

Diketahui, KIM kini mengusung Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka. Ada tujuh partai politik yang mendapat suara sah Pemilu 2019 yakni, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garuda.

Kelakar Hakim MK ke KPU: Tetap Semangat, Walaupun MU Kalah 4-0 Lawan Crystal Palace

"Total suara gabungan partai politik Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB dan Garuda adalah 59.726.053 suara atau setara dengan 42,67%," kata dia.

Dia menuturkan adapun koalisi lainnya yang memiliki raihan suara gabungan terbanyak kedua yaitu Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Koalisi Perubahan terdiri dari Partai Nasdem, PKS, dan PKB.

"Sehingga total kursi yang digunakan untuk syarat pencalonan 3 partai politik tersebut, adalah sebanyak 167 kursi DPR RI hasil Pemilu 2019 atau setara dengan 29,04%," ucap Hasyim.

Lebih lanjut, koalisi pengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi koalisi yang tidak banyak parpol sudah duduk di gedung parlemen. Tapi, mereka punya modal dukungan 28,06%, yang berasal dari PDIP hasil Pemilu 2019 sebanyak 27.053.961 suara, PPP sebanyak 6.323.147 suara, Perindo sebanyak 3.738.320 suara, dan Partai Hanura sebanyak 2.161.507 suara.

"Dengan demikian, sudah tidak ada lagi partai politik peserta Pemilu 2019 yang juga menjadi peserta Pemilu 2024 yang tersisa, yang belum mendaftarkan bakal pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden," bebernya.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

Setelah resmi tak lagi ada yang mendaftarkan capres-cawapres, KPU akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni verifikasi persyaratan pendaftaran para paslon. Sementara itu, untuk daftar calon tetap akan diumumkan pada 14 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya