Puan Maharani Minta KSAD Pastikan Tidak Ada Prajurit TNI AD Terlibat Politik Praktis

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - ​​​Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo dapat menjaga netralitas TNI AD di tahun politik jelang Pemilu 2024.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

"Saya berharap KSAD Agus Subiyanto bisa menjaga anak buahnya agar netral dalam pileg dan pilpres mendatang. Pastikan tidak ada satupun prajurit TNI AD yang terlibat politik praktis dan tegas memberi sanksi apabila ada yang melakukan pelanggaran," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

Puan juga mengingatkan agar Agus memastikan prajurit TNI AD tidak terlibat ke dalam politik praktis.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

"Prajurit TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis atau menjadi alat politik dari kelompok atau partai manapun. Kasad yang baru perlu memastikan bahwa semua prajurit memahami peran TNI dalam mendukung sistem demokrasi di Indonesia dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujarnya.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Untuk itu, Puan meminta semua prajurit TNI AD bekerja profesional saat membantu menjaga pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga berlangsung secara kondusif di seluruh wilayah Tanah Air.

"Saya yakin Jenderal Agus Subiyanto merupakan pemimpin teladan yang dapat memberikan contoh kepada seluruh prajurit TNI AD untuk menjunjung tinggi netralitas demi terciptanya pileg dan Pilpres 2024 yang damai dan gembira bagi masyarakat," katanya.

Dia menekankan pula agar Kasad Agus memastikan pembekalan prajurit dilakukan secara cermat sehingga dapat memahami teknis tugas mereka ketika berada di lapangan.

Ilustrasi/Prajurit TNI

Photo :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

"Kasad yang baru memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan prajurit yang netral dan berkualitas. Semoga kepemimpinan Jenderal Agus menjadi tonggak penting dalam menjaga netralitas prajurit dan keutuhan bangsa," ujarnya.

Puan meyakini TNI AD di bawah kepemimpinan eks Komandan Paspampres itu akan makin memberikan pengabdian terbaiknya untuk rakyat Indonesia.

"Dengan berbagai jabatan strategis yang pernah di emban Jenderal Agus, saya meyakini bahwa TNI AD ke depannya akan lebih baik lagi dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa," ujar dia.

Lebih lanjut, dia berharap para prajurit TNI AD dapat semakin meningkatkan profesionalitas sebagai alat pertahanan negara maupun dalam mengemban tugas lainnya.

"TNI bukan hanya soal alat pertahanan negara saja, tapi juga berperan dalam membantu berbagai kesulitan masyarakat yang masuk dalam tugas operasi militer non-perang. Prajurit TNI AD harus meningkatkan rasa asih, asah, dan asuh untuk rakyat Indonesia," katanya.

Terakhir, Puan turut mengucapkan selamat atas pelantikan Agus Subiyanto sebagai Kasad baru menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang akan segera memasuki masa pensiun.

"Atas nama pribadi dan atas nama DPR saya ucapkan selamat bertugas kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai Kasad yang baru. Semoga di bawah kepemimpinan Jenderal Agus, TNI AD semakin kuat, kompak dan tetap maju demi menjaga keutuhan NKRI," kata Puan.

Sebelumnya, Agus Subiyanto dilantik sebagai Kasad oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purnabakti pada 19 November 2023.

Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 dan meniti kariernya sebagai seorang perwira pertama di lingkungan Korps Baret Merah (Kopassus). Agus pernah mendampingi Dudung sebagai wakil kasad sejak tahun 2022.

Agus juga pernah bertugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta (2009-2011) dan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) periode 2020-2021. Agus merupakan salah satu perwira TNI yang berada di lingkaran dekat Jokowi sejak menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya