PAN Ogah Spekulasi 'Agenda Lain' Jokowi Tunjuk KSAD Agus jadi Calon Panglima TNI

Pelantikan KSAD Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • tniad.mil.id

Jakarta - Presiden Jokowi resmi menunjuk Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Padahal, status Agus Subiyanto baru beberapa hari menjabat KSAD menggantikan Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PAN, Ahmad Rizki Sadig menilai pergantian Panglima TNI sangat lumrah terjadi. Meskipun pergantian itu terjadi di tahun politik.

Menurut Rizki, pergantian Panglima TNI merupakan prerogatif Presiden. Kata dia, selama tak melanggar aturan, maka tak menjadi masalah.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

"Pergantian Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Apapun itu selama tidak ada aturan yang dilanggar sah-sah saja." kata Rizki kepada wartawan, Kamis, 2 November 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Rizki enggan berspekulasi soal ada 'agenda lain' dari pergantian Panglima TNI. Meskipun usulan Jokowi itu mencuat pasca Jenderal Agus sudah diangkat dan dilantik sebagai KSAD.

"Tidak perlu juga kita berandai-andai dengan membuat narasi yang bisa memperkeruh suasana lumrah ini," kata Ketua DPW PAN Jawa Timur ini.

Rizki pun meyakini, TNI mampu menjaga netralitas dan profesionalitasnya selama proses Pemilu 2024.

"Kami percaya TNI mampu menjaga prinsip netralitasnya. TNI profesional dan salah satu institusi yang sangat dipercaya publik," imbuhnya.

Jenderal Agus Subiyanto bakal menjalani fit and proper test di Komisi I DPR sebagai calon tunggal Panglima TNI. Agus diproyeksikan bakal menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig (tiga kanan) Bersama Pengurus Partai

Photo :
  • Antara

Pun, Jokowi punya alasan menunjuk Agus sebagai Panglima TNI meski baru hitungan hari menempati posisi KSAD.

Bagi Jokowi, figur Agus punya pengalaman untuk memimpin TNI. Kata dia, Agus juga memiiki kemampuan memimpin teritorial.

"Beliau kan Wakasad, kemudian menjadi KSAD. Tetapi kalau melihat jam terbangnya saya kira di teritorial. Kemudian di administratif, akademis, semuanya memenuhi semuanya," kata Jokowi di Balikpapan, Rabu, 1 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya