Survei ARCI: 33,7 Persen Pemilih PDIP di Jawa Timur Memilih Prabowo-Gibran

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Surabaya - Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur atas dua kontestan lainnya karena "Jokowi Effect".

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Direktur ARCI Baihaki Sirajt melalui keterangan resmi di Surabaya, Kamis, 2 November 2023, menyebut pada hasil survei terbaru elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,1 persen. "Elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur," katanya.

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di urutan kedua yang elektabilitas di wilayah Jawa Timur 35,9 persen.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sedangkan elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) sebesar 22,2 persen.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Baihaki menjelaskan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran lantaran dipengaruhi "Jokowi Effect", yakni dengan masuknya limpahan suara dari simpatisan Presiden Joko Widodo yang ada di wilayah setempat.

Terlebih, kata dia, Jawa Timur menjadi sarang pemenangan Jokowi pada dua kali pencalonannya, yakni pada Pemilu Presiden 2014 dan 2019. "Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," ujar dia.

Selain faktor limpahan suara Jokowi, elektabilitas pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) dipengaruhi faktor perpindahan pendukung yang awalnya mendukung Ganjar dan kini masuk ke Prabowo, khususnya di wilayah Mataraman.

Ilustrasi simbol PDIP dalam Peringatan Bulan Bung Karno 2023

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Migrasi dukungan itu didasari keberadaan Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo.

Dia menyebut sebanyak 33,7 persen pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran, kemudian 66,3 persen memilih Ganjar-Mahfud. Sedangkan pasangan Amin tak mendapatkan pemilih dari partai berlogo banteng itu.

"Faktor Gibran dan Jokowi memengaruhi pemilih PDIP di Jawa Timur beralih dari Ganjar ke Prabowo, jadi mereka kalau partai tetap memilih PDIP tetapi bakal calon presidennya Prabowo," kata dia.

ARCI melakukan survei elektabilitas tiga pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, pada 22-27 Oktober 2023.

Survei itu menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, dengan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Berikut hasil lengkap elektabilitas bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden di Jawa Timur berdasarkan hasil survei ARCI:
 
1. Prabowo-Gibran 40,1 persen.
2. Ganjar-Mahfud 35,9 persen.
3. Anies-Muhaimin 22,2 persen.

Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8 persen.

(ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya