Pakar: Khofifah akan Berlabuh ke Capres yang Bisa Garansi Maju di Jatim dan Menang Lagi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali jadi perhatian karena diperebutkan oleh tim pemenangan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dua kubu yang jadi rival itu terang-terangan ingin Khofifah gabung jadi bagian timses di Pilpres 2024.

Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

Pakar politik Adi Prayitno menganalisa Khofifah masih jadi rebutan dari kubu Ganjar dan Prabowo. Dia tak menafikan faktor kekuatan Khofifah yang juga sempat laris manis masuk bursa bakal cawapres.

Meski ia menganalisa Khofifah belum ingin jadi bakal cawapres karena memilih maju di Pilgub Jawa Timur 2024.

Khofifah Nyaman dengan Emil Dardak, Harap 4 Parpol Kompak Dukung di Pilgub Jatim

Menurut Adi, ada tiga hal yang jadi kelebihan eks Menteri Sosial itu sehingga jadi rebutan para timses capres. Pertama, kata dia, status Khofifah yang merupakan Gubernur Jatim sehingga dinilai punya kekuatan lebih dan penetrasi kuat ke pemilih.

"Kedua, bisa menjangkau kalangan pemilih NU. Dan, ketiga bisa masuk di pemilih perempuan," kata Adi kepada VIVA, Kamis, 2 November 2023.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Presiden Jokowi bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Baca Juga: PDIP Tangkap Sinyal Ridwan Kamil dan Khofifah Mau Gabung TPN Ganjar-Mahfud

Lantas, bakal ke mana dukungan Khofifah berlabuh di Pilpres 2024? Adi mengaku tak paham karena hanya Tuhan dan Khofifah yang tahu pilihan politiknya.

Namun, ia meyakini Khofifah akan memilih bakal capres yang bisa beri jaminan dirinya maju di Pilgub Jatim 2024 dengan peluang besar menang.

"Yang jelas Khofifah akan berlabuh ke capres yang bisa menggaransi dirinya maju kembali di Jatim dan kemungkinan menang lagi," tutur Adi.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno

Photo :
  • Istimewa

Khofifah jadi rebutan jelang penetapan pasangan cawapres-cawapres. Dari elite koalisi pendukung Prabowo-Gibran mengaku terus merayu Khofifah agar gabung ke dalam sturktur Tim Kampanye Nasional (TKN).

Selain Golkar, elite Gerindra juga menyebut upaya lobi Khofifah terus dilakukan agar gabung jadi timses.

"Masih ya (lobi-lobi), dan saya ini ya, saya belum bisa sampaikan karena belum diumumkan secara resmi, feeling saya ini ya sangat-sangat mungkin sekali Bu Khofifah masuk," kata Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Dari elite PDIP yang mengusung Ganjar-Mahfud MD pun tak mau kalah menyebut kans Khofifah gabung ke dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN). Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan ada sinyal Khofifah Indar Parawansa mau bergabung ke dalam TPN Ganjar-Mahfud.

"Sinyal-sinyalnya ternyata mau juga (gabung TPN Ganjar-Mahfud)," kata Djarot, Senin, 31 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya