Ziarah di Makam Syekh Burhanuddin, Anies Ajak Masyarakat Doakan Kemerdekaan Palestina

Bakal calon presiden Anies Baswedan berziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Kabupaten Padang Pariaman, Rabu, 1 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Zulfikar

Padang Pariaman - Bakal calon presiden Anies Baswedan mengajak masyarakat di Tanah Air terutama di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat, untuk mendoakan rakyat Palestina agar merdeka dan terbebas dari jajahan Israel.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Berikanlah kemerdekaan bagi saudara-saudara kita di Palestina, berikanlah kekuatan bagi mereka dalam menghadapi zionis Israel," kata Anies Baswedan di Kabupaten Padang Pariaman, Rabu, 1 November 2023.

Hal tersebut disampaikan bakal calon presiden Anies Baswedan di sela-sela safari politiknya ke Provinsi Sumatra Barat.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Serangan udara milter Israel menghancurkan bangunan di Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Fatima Shbair

Di hadapan masyarakat, Anies mendoakan agar masyarakat Palestina yang meninggal dalam keadaan syuhada atau mati syahid karena membela Tanah Airnya. "Tinggikan derajat mereka di sisi Allah."

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Pada kesempatan tersebut, mantan rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan alasannya berkunjung ke Ranah Minang, serta berziarah ke Makam Syekh Burhanuddin yang terletak di Nagari (desa) Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis.

Dia mengatakan Syekh Burhanuddin merupakan ulama besar yang menjadi hulu bagi perkembangan agama Islam di Tanah Minangkabau.

"Saya menyampaikan rasa syukur alhamdulillah bisa kembali dan bersujud di Ranah Minang. Begitu mendarat langsung ke sini dan ziarah ke Syekh Burhanuddin Ulakan," kata dia.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam safari politik tersebut, sang mantan gubernur DKI Jakarta menilai Syekh Burhanuddin tidak hanya berhasil menyiarkan Islam, namun mampu merangkai adat istiadat masyarakat di Tanah Minang sesuai ajaran agama islam.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye pemilu yang berlangsung 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara, pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya