Erick Thohir Dinilai Buat Potensi Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres Meningkat

Capres Prabowo Subianto makan siang di rumah Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang yang semakin kuat untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini tidak lepas dari adanya dukungan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk pasangan Prabowo-Gibran di pesta demokrasi mendatang.

Prabowo Diusulkan Dilantik Lebih Cepat sebagai Presiden RI Terpilih, Apa Bisa?

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Universitas Nasional (Unas), Alfan Alfian membeberkan, Erick Thohir akan memberikan dukungan yang krusial bagi Prabowo-Gibran. Menurutnya, dengan jejaring dan elektabilitas yang Erick Thohir miliki, Prabowo-Gibran potensi besar meraih sokongan besar.

“Di sisi lain Erick Thohir juga punya nilai lebih di kalangan profesional karena reputasinya sebagai Menteri BUMN. Posisi dan perannya di PSSI juga potensial untuk meraih basis dukungan yang nyata,” kata Alfian, dikutip Kamis, 2 November 2023.

Anindya Bakrie Bakal Fasilitasi Kerjasama Timnas Indonesia dengan Oxford United

Capres Prabowo Subianto makan siang di rumah Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • Ist

Kemudian, Prabowo-Gibran semakin mendapat ruang dukungan dari warga Nahdlatul Ulama (NU). Kedekatan Erick Thohir dengan NU berpeluang membuat Prabowo-Gibran naik pamor di segmen pemilih NU.

Sindir Keras Omongan Qodari, AMPI: Datanya Sangat Jauh dengan Hasil Riil

“Faktor dukungan Erick Thohir bisa signifikan setidaknya bagi pemilih luar Jawa dan sementara kalangan Nahdlatul Ulama (NU), karena Erick Thohir sudah dikenal di lingkungan NU,” imbuhnya.

Karenanya, Alfian menerangkan, adanya dukungan Erick Thohir kepada Prabowo-Gibran tersebut, bisa memberi dampak positif. Menurutnya, dukungan Erick Thohir bisa menjadi amunisi kuat bagi Prabowo untuk terus mendominasi di kontestasi Pilpres 2024. 

“Kunjungan Prabowo Subianto ke kediaman Erick Thohir tentu bernilai positif bagi Prabowo sebagai calon presiden,” ujar Alfian.

Erick Thohir bersama dengan Prabowo Subianto

Photo :
  • Instagram @erickthohir

Prabowo-Gibran sangat berpotensi menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya setelah mendapatkan dukungan Erick Thohir. Dengan modal elektabilitas tertinggi yang dimiliki dan ditambah dengan dukungan dari Ketum PSSI tersebut bukan tidak mungkin duet Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang.

Terbukti berdasarkan hasil survei Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023, elektabilitas pasangan KIM tersebut berada di posisi teratas secara nasional. Prabowo-Gibran terekam mendapatkan elektabilitas tertinggi secara nasional di angka 36,2 persen. 

Kemudian pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi kedua dengan elektabilitas 32,8 dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di posisi buncit di angka 21,0 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya