Survei Capres: Simulasi Head to Head, Prabowo Unggul Signifikan Lawan Ganjar

Bakal capres Prabowo Subianto, Rapimnas Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Lembaga survei PatraData Research Consulting merilis temuan terbarunya mengenai elektabilitas bakal capres pasca daftar ke KPU. Temuan survei melaporkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan tertatas.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

Figur Ketua Umum Partai Gerindra itu unggul dalam semua simulasi head to head dengan dua rivalnya yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Manajer Riset PatraData Rezki Adminanda menjelaskan saat dihadapkan dengan Ganjar, elektabilitas Prabowo moncer dengan unggul yang terpaut jauh, Prabowo meraup suara 52,3 persen. Sementara, Ganjar hanya dapat 31,8 persen suara.

Prabowo Ucapkan Selamat Hari Buruh, Doakan Makin Sejahtera

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA

Pun, Prabowo juga unggul saat head to head dengan Anies. Eks Danjen Kopassus itu memperoleh 60,9 persen, sedangkan Anies hanya 23,9 persen.

Survei: ASR Bakal Cagub Sultra dengan ELektabilitas Tertinggi, Pemilih Lihat Kemampuan

"Head to head antara ketiga nama calon presiden menunjukan Prabowo Subianto unggul secara secara signifikan dari Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan. Sementara, Ganjar Pranowo lebih banyak dipilih dari pada Anies Baswedan," kata Rezki, dalam keterangannya, Kamis, 2 November 2023.

Survei PatraData juga menyampaikan hasil temuan pilihan partai politik bahwa PDIP unggul berada di posisi teratas. PDIP ada di urutan atas dengan 20,8 persen. Di bawahnya ada Gerindra 18,9 persen, Golkar 6,6 persen.

Selanjutnya, PKB 6,5 persen, PKS 6,2 persen, Nasdem 4,7 persen, PAN 4,5 persen, Demokrat 4,4 persen, dan PSI 4,2 persen.

"Sementara PPP, Perindo, Gelora, Ummat, PBB, PKB, Buruh, Garuda, Hanura di bawah ambang batas parlemen. Ada 16,7 persen responden tidak tahu atau tidak jawab," jelas Rezki.

Survei PatraData Research Consulting dilakukan dalam kurun waktu 25-30 Oktober 2023. Survei tersebut menggunakan metode kontak telepon kepada responden yang dipilih secara acak dari basis data yang telah dimiliki.

Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 1.220. Angka toleransi kesalahan atau margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pun, quality kontrol juga dilakukan dengan menelpon ulang responden sebanyak 20 persen dari total sampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya