Makna Logo Semangka yang Dijadikan Prabowo Foto Profil Instagram

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta —  Ada yang menarik dari akun Instagram atau IG pribadi milik bakal capres Prabowo Subianto. Figur Menteri Pertahanan itu mengganti foto profil IG dengan gambar buah semangka.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Cara Ketua Umum Partai Gerindra mengganti foto IG itu diduga sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Sebelumnya, eks Danjen Kopassus itu menggunakan foto profil IG dengan gambar dirinya.

Palestina saat ini tengah jadi sorotan dunia internasional gegara aksi militer zionis Israel. Lebih dari 8 ribu warga Palestina jadi korban jiwa karena ulah Israel.

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Merupakan Bagian dari Keluarga Besar NU

Pun, simbol buah semangka dinilai sebagai representasi protes terhadap agresi militer Israel. Warna semangka juga dinilai melambangkan warna bendera Palestina. Unsur itu terlihat dari daging, biji, dan kulit yang mewakili bendera Palestina yakni merah, hitam, serta hijau.

Penggunaan semangka sebagaoi simbol protes warga Palestina sudah dimulai sejak 1960-an. Dikutip dari Media Time, penggunaan semangka diduga pertama kali muncul pasca perang enam hari pada 1967 atau saat Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza, dan merebut Yerusalem Timur.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Bakal capres Prabowo Subianto ganti foto profil Instagram.

Photo :
  • Tangkapan lauar

Pemerintah zionis Israel pun buat kebijakan versinya. Mereka menerapkan jika ada pengibaran bendera Palestina sebagai perlawanan hukum yang masuk kategori tindakan kriminal. Israel juga punya kebijakan melarang bendera Palestina di wilayah pendudukan.

Dengan kebijakan ala Israel itu, rakyat Palestina mulai memakai buah semangka. Sejak saat itu, simbol semangka direpresentasikan sebagai simbol perlawanan.

Terkait Palestina, Prabowo juga menyampaikan sikap herannya lantaran negara Barat yang hanya diam seribu bahasa melihat kekejian Israel terhadap rakyat Palestina. Bagi Prabowo, negara Barat hanya diam saat warga Palestina yang tak bersalah seperti anak-anak jadi korban perang.

Padahal, kata dia, negara Barat mengajarkan demokrasi hingga menjunjung hak asasi manusia.

"Sangat disayangkan. Mereka banyak mengajarkan demokrasi. Mereka ajarkan hak asasi manusia. Tapi, begitu ada sebuah negara yang bom rumah sakit, yang bunuh anak-anak kecil, mereka diam seribu bahasa," kata Prabowo di Makassar, Sabtu, 4 November 2023.

Adapun Prabowo juga sempat menemani Presiden Jokowi mengantar pengiriman bantuan kemanusiaan pemerintah RI ke Palestina. Bantuan tahap pertama itu seberat 51,5 ton yang terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya.

Menhan sekaligus Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok. Gerindra

Prabowo dalam kesempatan itu juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Duta Besar Palestina. Koordinasi itu terkait seluruh rumah sakit TNI siap menerima pengobatan pasien-pasien dari Gaza. Sebab, kondisi pelayanan Medis di Gaza saat ini tengah mengalami krisis.

“Saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina. Karena itu, kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir dan negara-negara lain,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut, dia siap mengupayakan untuk mengirim kapal Rumah Sakit TNI bila pemerintah RI sudah dapat izin dari Mesir.

“Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit," tutur Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya