796 Caleg Bakal Berebut 50 Kursi DPRD Kota Depok di 2024

Kantor DPRD Kota Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • Google Maps

Depok – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menetapkan sebanyak 769 Daftar Caleg Tetap (DCT) akan memperebutkan 50 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. 

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Penetapan tersebut diputuskan dalam rapat pleno DCT oleh KPU Provinsi Jabar pada Jumat, 3 November 2023 lalu.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA
KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jabar, Adie Saputro merinci mereka yang lolos terdiri atas 471 caleg laki-laki dan 298 caleg perempuan. 

Kantor DPRD Kota Depok

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan
PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Menurutnya tidak ada kendala berarti yang didapati KPU Provinsi Jabar dalam menetapkan DCT untuk DPRD Kota Depok. Sebab, berbagai tahapan pemilu telah dirampungkan sebelumnya dengan melakukan penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS).

"Sejauh ini tidak ada kendala, semuanya berjalan dengan lancar, pencalonan sudah lama dilakukan komisioner KPU Kota Depok sebelumnya pada bulan Mei. Bahkan, DCS sudah dilakukan, jadi kita hanya menangani kekosongan saja," ujarnya dilansir dari laman resmi Pemkot Depok, Rabu, 8 November 2023.

Dirinya menjelaskan, saat ini KPU Provinsi Jabar terus memantau dan berkordinasi dengan Sekretariat KPU Kota Depok. Sehingga, setiap tahapan pemilu yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

"Sekretariat KPU Kota Depok selama komisioner kosong tetap berkordinasi dengan kita, sehingga kita memantau setiap apa yang dilakukan sesuai ketentuan," ungkapnya. 

Nana Shobarna selaku Ketua KPU Kota Depok (2018-2023)  menyebut, DCS untuk DPRD Kota Depok tercatat mencapai 771 Bacaleg. Artinya, setelah DCT ditetapkan, terdapat dua nama yang dicoret.


Source : vstory

"Masih lebih tinggi tahun ini, karena jumlah DCT dalam Pemilihan Legislatif lalu sebanyak 660 caleg dari 20 Partai Politik," tambahnya. 

Nana mengingatkan, pemilih harus cerdas dalam menentukan pilihannya. Sehingga, proses Pemilihan Legislatif 2024 dapat melahirkan anggota DPRD yang mampu memikul amanah dari masyarakat.

"Dengan telah diumumkan DCT Anggota DPRD Kota Depok yang ditawarkan oleh Partai Politik peserta Pemilu 2024 ini, kami berharap masyarakat tetap dapat menjadi pemilih yang cerdas," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya