Cerita Caleg PPP Penyandang Disabilitas yang Miliki Segudang Prestasi

Caleg PPP penyandang disabilitas
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memberikan peluang bagi kaum disabilitas dalam pelaksanaan demokrasi. Salah satunya lewat pencalonan legislatif atau DPR RI.

Mardiono Apresiasi Moncernya Perolehan Kursi PPP di DPRD Jabar: Naik 100 Persen

Sikdam Hasyim Gayo yang merupakan calon legislatif (Caleg) PPP Dapil II Aceh sekaligus penyandang disabilitas tuna netra mengaku termotivasi menjadi wakil rakyat dari partai yang telah berusia 50 tahun ini untuk memperjuangkan kaum disabilitas.

“Di Indonesia ada sekitar 22 juta penyandang disabilitas tuna netra, tuna rungu, dan lainnya. Mayoritas dari mereka masih terdiskriminasi untuk mendapatkan pendidikan yang baik, pekerjaan layak, akses, dan lain-lain. Itu alasan saya ingin memperjuangkan mereka lewat PPP,” tutur Sikdam, saat kegiatan silaturahmi dan pemantapan Caleg DPR RI PPP, di Jakarta, dikutip Minggu, 12 November 2023.

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Caleg PPP penyandang disabilitas

Photo :
  • Istimewa

Sikdam mengatakan yakin berjuang bersama PPP karena partainya memiliki enam prinsip perjuangan dan salah satunya prinsip persamaan. Dimana menurutnya prinsip persamaan mencerminkan setara dan terbuka bagi siapa saja termasuk kaum difabel.

Caleg PKS Ngadu ke MK, Suara Diambil Rekan Satu Partai

“Prinsip PPP adalah persamaan, bagi saya inklusif artinya terbuka. PPP salah satu partai paling ramah disabilitasnya di Indonesia dan terbukti pada Pemilu 2024 yang terbanyak mencalonkan PPP,” ungkapnya.

“Saya percaya bisa bersatu dengan PPP untuk menjemput kemenangan. Baik untuk partai, saya sendiri, dan bagi penyandang disabilitas Indonesia,” tambahnya.

Sementara, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono berharap lewat pertemuan Caleg DPR RI kali ini dapat mengantarkan target pemenangan yang sudah dicanangkan.

“Caleg DPR RI hari ini diberikan pembekalan, dalam upaya target pemenangan yang dicanangkan DPP PPP. Yaitu 11 juta suara, 50 kursi DPR RI, dan 2.000 kursi nasional,” kata Mardiono.

Caleg PPP penyandang disabilitas

Photo :
  • Istimewa

Adapun Sikdam merupakan Caleg yang memiliki segudang prestasi. Walaupun saat ini merupakan penyandang disabilitas, Sikdam telah lulus pendidikan hingga S2.

Sikdam sering hadir menjadi pembicara pada forum berskala nasional maupun internasional, mengurus lembaga swadaya, mengajar, hingga berkesempatan bertemu langsung dengan keluarga kerajaan Inggris.

Sikdam juga mendapatkan penghargaan International Award for Young People dari Pangeran Philip tahun 2014. Di mana, dia menjadi penyandang disabilitas pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

PPP sendiri menjadi partai terbanyak mencalonkan penyandang disabilitas pada Pemilu 2024 yaitu sebanyak tiga orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya