Survei Indo Barometer: Prabowo-Gibran Masih Unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan suara 34,2 persen.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Peneliti Indobarometer Christoper Nugroho mengatakan bahwa sosok Menteri Pertahanan Prabowo dinilai tegas dan berani oleh masyarakat.

"Pertama, Prabowo Subianto paling dikenal dan disukai. Kedua, evaluasi kepribadian dan kemampuan didominasi oleh Prabowo. Ketiga, alasan paling dominan memilih presiden saat ini adalah tegas dan berani," kata Christoper kepada wartawan dikutip Minggu, 12 November 2023.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

Photo :
  • Biro Setpres

Menurut dia, Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra ini dilihatnya dari aspek kepribadian oleh koresponden dalam survei Indo Barometer.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

"Prabowo Subianto lebih dominan dalam penilaian aspek kepribadian yang penting bagi pemilih dan dalam penilaian aspek kemampuan, disusul Ganjar Pranowo," ujarnya.

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD memperoleh suara sebesar 26,2 persen. Kemudian, pasangan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperoleh 18,3 persen.

"Temuan mayoritas lembaga survei yang menyelenggarakan survei pasca deklarasi tiga pasangan capres dan cawapres menemukan pola yang sama, yakni tren penguatan suara pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka," jelasnya.

Adapun pelaksanaan survei itu dilakukan di seluruh Provinsi Indonesia yang meliputi 38 Provinsi. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.230 responden, dengan margin of error sebesar ± 2.79 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Waktu pengumpulan data pada tanggal 25 Oktober - 31 Oktober 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya