Megawati: Jangan Biarkan Kecurangan Pemilu Terjadi Lagi

Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri saat di acara HUT PDIP ke-50.
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut kecurangan menjelang pemilu 2024 mulai terlihat. Maka itu, ia mengingatkan agar rakyat menggunakan hak pilih dengan tuntunan hati nurani di Pilpres 2024.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

"Jangan biarkan kecurangan pemilu yang akhir ini terlihat sudah mulai, akan terjadi lagi," ujar Megawati dalam pidatonya yang disiarkan secara daring, Minggu, 12 November 2023.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat temani Ganjar Pranowo-Mahfud MD daftar capres-cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

Megawati mengimbau agar rakyat jangan takut berpendapat. Hal ini penting, agar tidak terjadinya kesewenangan pada Pemilu 2024. "Tegakkan demokrasi, kewajiban kita sebagai warga negara bahkan keharusan agar tidak terjadi kesewenang-wenangan," jelasnya.

Presiden Republik Indonesia ke-5 ini pun tak ingin rakyat diintimidasi seperti dahulu. Terlebih, saat ini kecurangan pemilu mulai terlihat lagi. "Rakyat jangan diintimidasi seperti dulu lagi," katanya.

Jokowi Minta Relokasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Dipercepat

Megawati juga menyebut bahwa Indonesia merupakan bangsa yang diisi oleh pejuang, yang mampu mengatasi berbagai cobaan sejarah. Maka itu, Megawati berharap agar seluruh masyarakat mengawal jalannya pemilu 2024 agar tercipta kedamaian

"Jangan lupa, kita adalah bangsa pejuang, kita adalah bangsa yang mampu mengatasi berbagai cobaan sejarah. Karena itulah, dalam situasi kali ini, mari kita kawal pemilu 2024 dengan nurani dan sepenuh hati," kata Megawati.

Ganjar Pranowo, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, Megawati juga berharap agar ajang kontestasi pemilu 2024 menjadi momentum yang tepat untuk mendapatkan pemimpin terbaik, yang mewakili seluruh kehendak rakyat Indonesia.

Megawati menegaskan bahwa rekayasa hukum tak boleh terulang kembali. Dengan terciptanya keadilan, kata Megawati, kemakmuran rakyat dapat diwujudkan dengan baik.

"Rekayasa hukum, tidak boleh terjadi lagi, hukum harus menjadi alat yang menghadirkan kebenaran, mewujudkan keadilan, mengayomi seluruh bangsa dan negara indonesia. Dengan keadilan inilah kemakmuran bisa diwujudkan. Dengan karena itulah, terus genggam erat semangat reformasi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya