Hasto Curhat Ada Tekanan ke Koalisi Ganjar, Dahnil: Silahkan Saja Laporkan

Dahnil Anzar Simanjuntak.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Jakarta – Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak merespons pernyataan Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto yang menyebutkan adanya indikasi tekanan instrumen kekuasaan dan hukum jelang Pilpres 2024. 

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

Dahnil mengatakan, terkait hal tersebut bukanlah yang pertama kali. Sebab pada 2019, saat Prabowo mencalonkan sebagai presiden juga terdapat tuduhan kepadanya. 

"Pak Prabowo itu dan kawan-kawan sudah sering dituduh-tuduh seperti itu, dari dulu juga ketika 2019 kami dituduh-tuduh juga," kata Dahnil Minggu, 19 November 2023.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Pun, Dahnil mempersilakan kepada Hasto melaporkan kejadian tersebut bila terbukti benar. Karena menurutnya, PDIP merupakan partai besar yang memiliki kuasa dan jaringan. 

"Tapi yang jelas apa kalau ada hal-hal yang tidak sesuai Pak Hasto silakan saja dilaporkan, dibuktikan. Kan Pak Hasto PDIP juga kan partai besar ya, partai penguasa tentu punya jejaringan dan punya aparatur yang bisa diakses," ujarnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Surabaya, Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

Menurutnya, Prabowo dan Gibran konsisten melakukan persaingan secara sehat untuk memenagkan Pilpres 2024.

"Jadi silakan saja, yang jelas pak Prabowo dan Mas Gibran maupun TPN itu konsisten ingin menang secara sehat, dengan cara fair. Jadi tuduhan seperti itu ada baiknya tidak diproduksi hanya sekadar menjadi isu, tapi dilakukan saja langkah-langkah hukum supaya konkrit sehingga tidak jadi fitnah dan hoaks," terangnya. 

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan ada tekanan yang diterima oleh pihak PDI Perjuangan maupun pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, misalnya pencopotan baliho.

Karenanya, Hasto mengaku PDI Perjuangan juga sudah membangun komunikasi dengan kubu dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), terkait adanya indikasi tekanan jelang Pilpres 2024 mendatang.

"Kami juga membangun komunikasi dengan AMIN, karena merasakan hal yang sama. Kita juga menyepakati dengan AMIN, penggunaan suatu instrumen hukum, penggunaan instrumen kekuasaan," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta pada Sabtu, 18 November 2023.

Menhan Prabowo Subianto usai takziah ke rumah 4 perwira TNI AU korban pesawat

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Langkah ini menurut Hasto, dilakukan PDI Perjuangan dalam upaya mengembalikan demokrasi agar tetap berada pada koridornya. "Demokrasi berada pada rakyat yang mengambil keputusan, bukan pada elite. Dan, itu harus dibangun suatu narasi bagi masa depan," ujarnya.

Kemudian, Hasto juga menyinggung soal adanya dugaan intervensi yang terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK). Sebagai lembaga yudikatif, Hasto mengaku heran ada tekanan berbentuk intervensi yang dilakukan kepada lembaga seperti MK.

"Kalau kita lihat, MK saja bisa diintervensi, padahal lembaga yudikatif. Apalagi yang lain," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya